• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 9 Desember 2022

Matraman

Panitia Lokal Perkirakan 21 Ribu Jamaah Hadiri Mujahadah Kubro

Panitia Lokal Perkirakan 21 Ribu Jamaah Hadiri Mujahadah Kubro
Jamaah mujahadah kubro. (Foto: NOJ/MJ)
Jamaah mujahadah kubro. (Foto: NOJ/MJ)

Ponorogo, NU Online Jatim
Panitia mencatat tidak kurang ada 21 ribu lebih jamaah yang menghadiri Mujahadah Kubro di kompleks makam Ki Ageng Muhammad Besari tepatnya di Desa Tegalsari, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo.

 

Ketua Panitia Lokal, Kiai Lutfi Hadi Aminuddin menuturkan jumlah kader yang hadir dari catatan tertulis 17 ribu. Akan tetapi pihaknya memastikan jumlah tersebut lebih dari itu, sebab banyak rombongan-rombongan yang tidak terdata berduyun-duyun memenuhi sekitar makam hingga membludak ke luar jalan.

 

"Kita perkirakan bisa sampai 21 ribuan yang datang, Alhamdulillah," ungkap Kiai Lutfi Hadi Aminuddin saat dikonformasi, Senin (20/06/2022).

 

Kiai Lutfi menambahkan, atas nama panitia menyampaikan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran Mujahadah Kubro. Termasuk seluruh yang terlibat dari peserta yang datang dari seluruh penjuru Jawa timur.

 

"Kita menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya," ujarnya.

 

Pihaknya juga tidak memungkiri pasti banyak kekurangan dari gelaran ini, mengingat keterbatasan panitia. Ada yang harus parkir di lokasi yang jauh karena memang sudah penuh hingga tempat kurang nyaman.

 

"Kami sadar bahwa banyak kekurangan. Ada keterbatasan-keterbatasan yang tidak kita atasi, maka dari panitia lokal kami mohon maaf yang sebesar-besarnya," tutupnya.

 

Terpantau NU Online Jatim, lokasi sesak oleh ribuan jamaah mulai dari sisi timur hingga barat. Sisi timur memenuhi dari dan menuju komplek pesarean atau timur masjid hingga jalan-jalan. Tepat pukul 00.25 selepas KH Anwar Manshur berdoa, para jamaah langsung berjubel untuk pulang.

 

Sementara di dekat panggung, penuh ramai dengan jamaah yang menanti para kiai sepuh dan masayikh dengan memberikan minuman untuk mengharap berkah. Ada juga jamaah yang menanti di bawah panggung sisi utara untuk bersalaman, kendati ada pengawalan ketat oleh keamanan.


Matraman Terbaru