• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 Februari 2024

Matraman

1 ABAD NU

Pembukaan Toko NU Mart Jadi Kado PCNU Kota Blitar Sambut 1 Abad NU

Pembukaan Toko NU Mart Jadi Kado PCNU Kota Blitar Sambut 1 Abad NU
Grand Opening toko Nusantara Mart LPNU Kota Blitar di depan ruko Stadion Supriadi, Kota Blitar, Ahad (05/02/2023). (Foto: NOJ/Muhammad Thoha Ma'ruf)
Grand Opening toko Nusantara Mart LPNU Kota Blitar di depan ruko Stadion Supriadi, Kota Blitar, Ahad (05/02/2023). (Foto: NOJ/Muhammad Thoha Ma'ruf)

Blitar, NU Online Jatim

Menyambut 1 Abad NU, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) melalui Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kota Blitar memberikan kado melalui Grand Opening atau pembukaan toko Nusantara Mart. Pembukaan toko tersebut bertempat di depan toko yang berlokasi di ruko sebelah barat Stadion Supriadi, Kota Blitar, Ahad (05/02/2023).


Hadir dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Blitar Santoso, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar Syahrul Alim, Rais Syuriah PCNU Kota Blitar Kiai Muhtar Lubby, dan Ketua PCNU Kota Blitar Kiai Habib Bawafi.


Ketua LPNU Kota Blitar, Agus Zunaedi mengatakan, grand opening Nusantara Mart ini tergolong spesial karena berdekatan dengan momentum peringatan 1 Abad NU yang resepsi puncaknya digelar di Sidoarjo, Selasa (07/02/2023) besok.


"Nusantara Mart ini adalah kado yang diberikan PCNU Kota Blitar untuk memperingati 1 Abad NU," ujarnya.


Ia menyebutkan, 1 Abad NU adalah momentum besar dalam sejarah NU yang sudah menginjak usia 100 tahun. Tentu bukan waktu yang singkat dalam perjalanan sebuah organisasi. Selain itu, pendirian Nusantara Mart bertujuan untuk mengurus ekonomi dan kemandirian bagi Nahdliyin di Bumi Bung Karno sebutan Kota Blitar.


"Jadi ini cara dari warga NU dalam rangka mengelola ekonomi yang berprinsip dari umat, oleh umat dan untuk umat demi mewujudkan kemandirian umat," terang pria yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Blitar ini.


Senada, Ketua PCNU Kota Blitar, Kiai Habib Bawafi berharap, nantinya ada sinergitas antara LPNU Kota Blitar, Disperindag dan Dispora Kota Blitar dalam keberlangsungan Nusantara Mart yang telah secara resmi dijalankan.


"Sinergitas ini penting, agar tempat ini bisa berjalan sesuai yang diinginkan, sehingga menjadi tempat perputaran ekonomi umat dan juga memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Blitar," tutur Rektor Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Tlogo Blitar ini.


Hal serupa juga diungkapkan Wali Kota Blitar, Santoso menjelaskan, sinergitas Pemerintah Kota (Pemkot) dan NU menjadi hal yang perlu dan penting untuk dijalankan. Karena, hal tersebut menjadi pondasi guna mencapai tujuan. Pihaknya mengajak para Nahdliyin Kota Blitar untuk berbelanja barang kebutuhan sehari-hari, aksesoris dan oleh-oleh di Nusantara Mart.


“Lokasinya cukup strategis untuk dijangkau, produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMK)M di Kota Blitar bisa dijajakkan di sini. Tentunya harganya juga harus bersaing, jangan mahal-mahal," tandasnya.


Penulis: Muhammad Thoha Ma'ruf


Matraman Terbaru