• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Matraman

NU Mart Kampak Trenggalek Sumbang Rp17 Juta untuk NU

NU Mart Kampak Trenggalek Sumbang Rp17 Juta untuk NU
Suasana NU Mart Kampak, Trenggalek yang baru membagikan dana Rp17 juta untuk NU. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)
Suasana NU Mart Kampak, Trenggalek yang baru membagikan dana Rp17 juta untuk NU. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)

Trenggalek, NU Online Jatim
Nusantara Mart atau yang dikenal NU Mart telah banyak memberikan manfaat bagi jamiyah Nahdlatul Ulama. Salah satunya NU Mart di bawah naungan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kampak, Trenggalek. Baru-baru ini memberikan dana belasan juta untuk operasional MWCNU dan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) setempat.


Sekretaris MWCNU Kampak, Imam Mujtahid mengungkapkan, bahwa pembagian dana sisa hasil usaha (SHU) NU Mart Kampak tersebut total berjumlah Rp17 juta. Dana tersebut dibagikan kepada MWCNU Kampak dan PRNU se-Kecamatan Kampak untuk operasional jamiyah.


"Masing-masing PRNU mendapat Rp2 juta, sedangkan untuk MWCNU Kampak mendapat dana operasional sebesar Rp3 juta. Jadi, total Rp 17 juta," kata Imam Mujtahid saat dikonfirmasi, Senin (02/05/2022).


Pria yang juga pengurus Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Trenggalek ini menambahkan, bahwa hal tersebut sebagai gebrakan baru dalam menjalankan roda organisasi.


“Selain itu, ini juga sejalan dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) perihal kemandirian umat. Karena ketika kemandirian di NU sudah terlaksana harus dibagikan agar jamiyah NU semakin bagus dan tertata dalam menebar kemaslahatan untuk umat,” katanya.


Disebutkan, bahwa pembagiannya dilaksanakan menjelang lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. Pihaknya pun berharap, NU Mart ke depan menjadi penggerak utama menuju kemandirian ekonomi jamiyah.


"Kami berharap ke depan NU Mart terus lancar, karena NU Mart ini milik kita bersama, yakni dari jamaah untuk jamaah dan jamiyah. Semoga NU Mart bisa menjadi wasilah untuk kemandirian organisasi," ungkapnya.


Dituturkan oleh Mujtahid, bahwa pasca Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah NU Mart akan mendirikan Warung NU atau WarNU di wilayah Kampak dan sekitarnya. Pengelolaannya akan bekerja sama dengan toko-toko kecil di masing-masing dengan penjualan harga grosir.


"Nanti barang-barang yang telah dipesan akan kami kirim ke masing-masing took dengan mobil yang baru saja kami beli senilai Rp165 juta," jelasnya.


Diketahui, total pembagian saham per lembar seharga Rp17 ribu. Sementara untuk total keseluruhan dari saham yang dibagikan berjumlah Rp105.927.000. Selain pembagian SHU, NU Mart Kampak juga menyalurkan Zakat Tijaroh. Zakat tersebut disalurkan langsung melalui PRNU di setiap desa se-Kecamatan Kampak.


Matraman Terbaru