• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 9 Desember 2022

Matraman

Bazar Berkah, Cara NU Durenan Trenggalek Bangkitkan Ekonomi Umat

Bazar Berkah, Cara NU Durenan Trenggalek Bangkitkan Ekonomi Umat
Bazar Ramadhan Berkah yang dilaksanakan MWCNU Durenan, Kabupaten Trenggalek. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)
Bazar Ramadhan Berkah yang dilaksanakan MWCNU Durenan, Kabupaten Trenggalek. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)

Trenggalek, NU Online Jatim

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Durenan, Kabupaten Trenggalek, menggelar Bazar Ramadhan Berkah. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan perekonomian umat pascapandemi.


Rudi Agus Salim, Koordinator Bazar Nusantara Mart, mengatakan, dalam kondisi apa pun di bulan Ramadhan tahun ini sebisa mungkin tetap mengambil peran. Peran ekonomi menjadi hal yang mendasar untuk kekuatan umat di dalam berkeluarga dan berjam'iyah.


"Ramadhan merupakan waktu memanfaatkan semua kesempatan untuk terus bergerak menghadapi semua tantangan, terutama perekonomian yang harus segera bangkit," kata Rudi dihubungi NU Online Jatim, Rabu (13/04/2022).


Pria yang juga Kepala MI Tasmirit Tarbiyah Sumbergayam Durenan, Trenggalek, itu mengaku, bazar bisa untuk alternatif berbelanja. Termasuk menggunakan waktu untuk menunggu waktu berbuka puasa dengan memilih keperluan yang dibutuhkan.


"Momentum Ramadhan untuk menikmati suasana ngabuburit bersama keluarga," ungkap pungkas lulusan STIT Sunan Giri Trenggalek tahun 2001-2006 tersebut.


Maftukhin, Sekretaris Lembaga Perekonomian MWC NU Durenan, menuturkan kegiatan ini juga dalam rangka harlah yang pertama Nusantara Mart. "Tahun pertama sekaligus pembagian sisa hasil usaha (SHU) kepada penanam saham NUsantara Mart," ungkapnya.


Ditanya soal perkembangan NUsantara Mart, dirinya mengaku semenjak dilaunching dan resmi melayani masyarakat sudah berjalan baik. Terlebih beberapa waktu terakhir mengalami peningkatan dari sisi penghasilan.


Sebagai informasi, Bazar Ramadhan Berkah dimulai pada tanggal 13 sampai dengan 30 April 2022 atau 11-28 Ramadhan 1443 Hijriyah. Khusus hari Jumat sebelum Ramadhan, ada Sedekah Pagi Berkah yang dilaksanakan MWCNU Durenan dengan pemasukan mencapai Rp10-12 juta. Karena setiap selesai belanja pembeli mendapat nasi 100 porsi, menyesuaikan dari giliran ranting. Sementara untuk di bulan puasa ini satu bulan penuh menyediakan takjil gratis ditambah dari masyarakat sekitar.


Matraman Terbaru