• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Matraman

Sambut Ramadhan, Ratusan Nahdliyin di Trenggalek Ziarah Akbar

Sambut Ramadhan, Ratusan Nahdliyin di Trenggalek Ziarah Akbar
Ziarah akbar di Munjungan, Trenggalek. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)
Ziarah akbar di Munjungan, Trenggalek. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)

Trenggalek, NU Online Jatim

Menyambut Ramadhan, Pimpinan Ranting Nahdlatul Ulama Munjungan 1, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, menggelar ziarah akbar di tempat pemakaman setempat. Ziarah dan tahlil akbar itu diikuti sekira 500-an Nahdliyin.


Mujiharto, Ketua PRNU Munjungan 1, menjelaskan, masyarakat sangat antusias dengan acara ziarah dan tahlil bersama di makam. Terlihat dari jumlah warga yang hadir jauh lebih banyak dibandingkan gelaran serupa menjelang Ramadhan tahun lalu.


"Ada 500 lebih, kalau tahun ini terop tiga dan itu penuh semua, bahkan sampai meluber ke jalan," kata Mujiharto kepada NU Online Jatim, Jumat (01/04/2022).


Pengajar di Pondok Pesantren Nurul Ulum Sumberagung, Munjungan, itu mengaku, inisiatif acara tersebut merupakan instruksi langsung dari Majelasi Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Munjungan.


Menurutnya, kelebihan acara tersebut dibanding saat dikoordinir oleh ranting ialah lebih mudah. Orang-orang antusias dan senang ketika kegiatan ziarah dilaksanakan bersama. Contohnya, yang tidak hafal Surat Yasin atau pun tahlil bisa mengikuti dengan khidmat.


"Akhirnya masyarakat ikut Yasinan dan tahlilan bareng-bareng, jadi syiarnya ada. Kompak juga, bahkan pemerintah dusun sangat mendukung,, utamanya dari Kasun dan RT juga terlibat," ungkap guru pengampu Al-Qur’an Hadits di MTsN 3 Trenggalek itu.


Tidak hanya dari PRNU dan pemerintah desa yang berpartisipasi, tetapi juga seluruh Banom NU, Seperti Banser juga berperan menjaga keamanan serta ikut mengatur lalu lintas karena banyaknya masyarakat yang ikut dalam acara tersebut.


"Kiai-kiai langgar mushala juga diundang, RT, RW dilibatkan termasuk Banom-banom NU mulai GP Ansor, Banser, Muslimat, dan Fatayat NU," tandasnya.


Matraman Terbaru