• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Matraman

Pondok Tremas Kembali Gelar Takbir Keliling Terbesar di Pacitan

Pondok Tremas Kembali Gelar Takbir Keliling Terbesar di Pacitan
Takbir keliling yang digelar oleh Pondok Tremas, Pacitan. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)
Takbir keliling yang digelar oleh Pondok Tremas, Pacitan. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)

Pacitan, NU Online Jatim
Gebyar takbir keliling seakan menjadi tradisi di Perguruan Islam Pondok Tremas, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan untuk menyambut Hari Raya Idul Adha. Walaupun sempat terhenti selama dua tahun karena pandemi, tetapi kali ini kegiatan takbir keliling terbesar di Pacitan itu kembali digelar pada Sabtu (10/07/2022) malam.


Meskipun kegiatan hanya diikuti oleh santri dan masyarakat di Desa Tremas, namun antusiasme peserta sangat luar biasa. Semua santri dan warga dari berbagai kalangan usia kompak membuat lampion, bahkan setiap perwakilan mushala menghias kendaraan roda empat.


"Alhamdulillah, antusiasme santri dan warga sangat luar biasa untuk menyambut Idul Adha 1443 Hijriyah ini. Terbukti, kegiatan kali ini diikuti kurang lebih lima ribu santri dan masyarakat," terang Muhammad Rosikhul Hasan, Ketua Panitia PHBI Pondok Tremas kepada NU Online Jatim.


Dirinya mengatakan, agenda tersebut merupakan rutinitas tahunan santri dan masyarakat Desa Tremas yang sudah dilaksanakan selama beberapa dekade terakhir.


Lebih lanjut, Rosi mengatakan bahwa kegiatan ini dimulai setelah jamaah Shalat Maghrib dan diawali pawai takbir keliling oleh santri Madrasah Diniyah (Madin) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Kemudian dilanjutkan santri putri setelah jamaah Shalat Isya dan diikuti asrama putra dan masyarakat Desa Tremas.


“Jadi, kegiatan ini diikuti berbagai kalangan dengan ragam usia. Mulai dari bapak-bapak usia tua, remaja, hingga anak-anak usia belia. Bahkan, ibu-ibu rumah tangga pun ikut serta dalam memeriahkan kegiatan ini,” ujarnya.


Dirinya menyebutkan, dengan diadakannya takbir keliling tersebut diharapkan dapat mengembangkan bakat santri dan memberikan kerukunan antar masyarakat di desa setempat.


"Selain menyebarkan dan menguatkan syiar Islam, kegiatan ini juga sebagai sarana mempererat silaturahim santri dengan masyarakat," ungkapnya.


Diketahui, takbir keliling tersebut dilakukan dari halaman masjid Pondok Tremas menuju pusat Kecamatan Arjosari. Adapun titik kumpul kegiatan tersebut yakni di kompleks pondok pesantren setempat.


Kegiatan diawali dengan penyalaan kembang api dan penabuhan bedug oleh putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, yakni Agus Harimurti Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono, serta tokoh masyarakat lainnya.


Kemudian, peserta menempuh perjalanan mengitari jalanan desa dan finish kembali di lapangan desa setempat. Acara semakin meriah dengan dibentuknya formasi angka ‘1443’ sebagai lambang tahun dalam hitungan kalender Hijriyah.


Matraman Terbaru