• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Mei 2022

Matraman

Posmaru Unhasy Jombang Dihadiri Tokoh-tokoh Nasional

Posmaru Unhasy Jombang Dihadiri Tokoh-tokoh Nasional
Pelaksanaan Posmaru Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang yang dihadiri sejumlah tokoh Nasional. (Foto: NOJ/ Qona'atun Putri R)
Pelaksanaan Posmaru Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang yang dihadiri sejumlah tokoh Nasional. (Foto: NOJ/ Qona'atun Putri R)

Jombang, NU Online Jatim

Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) Tebuireng Jombang telah resmi membuka Pekan Orientasi Mahasiswa Baru (Posmaru) tahun akademik 2021-2022. Kegiatan yang mulai digelar dari Rabu (14/10) hingga Jum’at (15/10) dihadiri sejumlah tokoh nasional dan kepala daerah potensial.

 

Acara yang mengusung tema ‘Berbudaya Unggul Mendunia’ itu dibuka langsung oleh Rektor Unhasy Tebuireng Jombang, H Haris Supratno. Dalam sambutannya ia menyampaikan, hendaknya mahasiswa Unhasy dapat menguasai bidang keilmuan di luar prodi yang disukai.

 

Selain itu, mahasiswa Unhasy harus unggul di bidang ilmu agama dan kewirausahaan. Sebagaimana motto Unhasy, yaitu The Real University of Pesantren and Entrepreneurship.

 

“Kampus kita berbasis pesantren, maka semua mahasiswa Unhasy hendaknya menguasai ilmu keagamaan. Untuk itu, di kampus kita semua program studi ada mata kuliah wajib tentang agama, seperti di pesantren,” jelasnya.

 

Disebutkan, saat ini banyak berkembang informasi hoaks. Oleh karenanya, sebagai agen perubahan, mahasiswa Unhasy dengan basis generasi milenial harus dapat memberikan contoh kepada masyarakat bahwa dalam penyampaian informasi harus disertai dengan bukti yang nyata.

 

“Data-data tersebut dapat berasal dari penelitian, artikel jurnal, atau literasi akademik lain yang diakui keabsahannya,” ungkapnya.

 

Pihaknya pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tokoh yang hadir untuk memberikan dukungan dan suntikan motivasi kepada Sivitas Akademika Unhasy, khususnya kepada mahasiswa.

 

“Terima kasih kami ucapkan kepada sejumlah tokoh yang telah bersedia hadir dalam acara ini. Semoga dapat memotivasi mahasiswa baru Unhasy,” harapnya.

 

Di antara tokoh nasional yang hadir ialah Rais Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Afifuddin Muhajir, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah KH Haedar Nasir, Pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang KH Abdul Hakim Mahfudz, Sekretaris Dewan Pembina Yayasan Unhasy dan H Irfan Wahid.

 

Tak hanya itu, hadir pula Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim, Menteri Agama H Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Menteri Agama H Zainut Tauhid Sa’adi, serta Mendes PDTT H Abdul Halim Iskandar.

 

Di kalangan kepala daerah potensial, hadir Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, yakni Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak, serta Gubernur DKI Anis Baswedan.

 

Selain itu, ada pula Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, Bupati Blitar Hj Rini Syarifah, Bupati Lumajang H Thoriqul Haq, dan Wakil Bupati Jember HM Balya Firjaun Barlaman.

 

Penulis: Qona’atun Putri R


Matraman Terbaru