• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Matraman

Puluhan Grup Meriahkan Festival Shalawat Lesbumi NU di Nganjuk

Puluhan Grup Meriahkan Festival Shalawat Lesbumi NU di Nganjuk
Peserta saat tampil Festival Rutin Shalawat Nabi yang diadakan Lesbumi NU Gondang, Kabupaten Nganjuk, Sabtu (28/08/2021). (Foto: NOJ/ Hafidz Yusuf).
Peserta saat tampil Festival Rutin Shalawat Nabi yang diadakan Lesbumi NU Gondang, Kabupaten Nganjuk, Sabtu (28/08/2021). (Foto: NOJ/ Hafidz Yusuf).

Nganjuk, NU Online Jatim

Lembaga Seni dan Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk menggelar Festival Rutin Shalawat Nabi VIII, Sabtu (28/08/2021). Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun  Balongrejo, Desa Balonggebang sejak pagi hingga malam hari.

 

“Kegiatan ini mendedikasikan generasi milenial yang cinta shalawat,” ungkap Ketua Pelaksana, Muhammad Anas.

 

Ia mengatakan, kegiatan ini dalam rangka peringatan bulan Muharram 1443 H dan rutinan yang digelar tiga kali dalam satu tahun.

 

Dijelaskan Anas, festival shalawat diselenggarakan guna mewadahi para pemuda-pemudi di Kecamatan Gondang. Supaya dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, terlebih di bulan Muharram.

 

"Saya percaya sesuatu yang positif akan berdampak baik pula untuk diri sendiri dan orang di sekitar kita," imbuhnya.

 

Sementara itu, Ketua Lesbumi NU Gondang, Muh Choirus Sholihin menyampaikan, untuk mengantisipasi kerumunan, peserta datang bergantian sesuai waktu yang telah ditentukan panitia. Menurutnya, karena acara digelar saat pandemi, peserta diwajibkan menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran Covid-19.

 

"Penerapan protokol kesehatan tetap menjadi pertimbangan utama dalam terselenggaranya acara ini. Masyarakat Kecamatan Gondang dan sekitarnya juga bisa menikmati melalui siaran secara langsung di YouTube," jelasnya.

 

Diungkapkan Choir, sejak dibuka pendaftaran, antusias peserta cukup besar. Total ada 48 grup hadrah yang berkompetisi untuk mendapatkan juara. Kategorinya meliputi anak-anak, remaja dan dewasa.

 

 

Seluruh peserta ini diberi kesempatan untuk tampil mempersembahkan penampilan terbaiknya. Festival ini memperebutkan tropi, piagam dan sejumlah uang pembinaan.

 

"Saya berharap semoga dengan kegiatan ini bisa menjadi berkah kepada masyarakat Kabupaten Nganjuk," ungkapnya.

 

Penulis: Hafidz Yusuf

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru