• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Matraman

Sambut Tantangan Zaman, Pelajar NU di Ponorogo Dibekali Keterampilan Desain Grafis

Sambut Tantangan Zaman, Pelajar NU di Ponorogo Dibekali Keterampilan Desain Grafis
Peserta madrasah desain grafis sedang mempraktikkan keterampilan. (Foto: NOJ/Husnul K)
Peserta madrasah desain grafis sedang mempraktikkan keterampilan. (Foto: NOJ/Husnul K)

Ponorogo, NU Online Jatim

Pada era milenial, terdapat banyak cara menyampaikan pesan informasi agar dapat diterima khalayak. Salah satunya yakni dengan media desain grafis. Penyampaian pesan dengan cara demikian dinilai sangat efektif dan menarik.

 

Karenanya, Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU IPPNU) Beton, Ponorogo menggelar madrasah desain. Acara ini merupakan inovasi dari lembaga Media Center Pelajar (MCP) yang dirangkai dalam kegiatan Madrasah Desain Grafis pada Ahad (20/06/21).

 

“Diadakannya kegiatannya untuk meningkatkan kemapuan rekan rekanita dalam bidang media sosial khususnya desain grafis,” kata Imam Basoni.

 

Pembina MCP PR IPNU-IPPNU Beton ini menjelaskan bahwa kegiatan dipusatkan di Madrasah Ibtidaiyyah Maarif Desa Beton, Kecamatan Siman, dengan diikuti 17 peserta.

 

“Sasaran kegiatan untuk pengurus PR IPNU IPPNU Beton dari mulai pengurus harian dan anggota-anggotanya,” kata Ibas, sapaan akrabnya.

 

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini yang berkaitan dengan bidang desain agar mahir mendesain grafis dalam bentuk poster, pamlet, atau bentuk media grafis lain. 

 

“Disamping itu kegiatan ini juga sebagai ajang silaturrahim  bagi rekan rekanita PR IPNU IPPNU Beton,” terangnya.

 

Peserta dimulai dengan menginstal aplikasi corel draw. Kemudian diberi materi serta langkah-langkah mendesain. Acara berlangsung dengan lancar meskipun sinyal wifi kurang mendukung saat menginstal aplikasi.

 

“Semoga setelah adanya pelatihan ini, para kader IPNU IPPNU Beton mampu mengaplikasikan dan mampu produktif dalam mendesain, khususnya pada kegiatan yang digelar,” ujar dia.

 

Usai pelatihan desain grafis dilakukan tindak lanjut. Yakni diadakan pelatihan lanjutan dan setelah acara bisa mendesain poster, pamlet, dan banner untuk kegiatan.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Matraman Terbaru