• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Matraman

Sedekah Jumat Fatayat NU di Ponorogo Sasar Dluafa

Sedekah Jumat Fatayat NU di Ponorogo Sasar Dluafa
Pengurus PAC Fatayat NU Pulung, Kabupaten Ponorogo saat menyerahkan bantuan kepada dluafa. (Foto: NOJ/ Ihsan Imtihani Putra).
Pengurus PAC Fatayat NU Pulung, Kabupaten Ponorogo saat menyerahkan bantuan kepada dluafa. (Foto: NOJ/ Ihsan Imtihani Putra).

Ponorogo, NU Online Jatim

Sedekah Jumat (Semat) merupakan program sosial yang dipelopori oleh Pimpinan Anak Cabang Fatayat NU Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. Program tersebut bertujuan membantu masyarakat yang secara ekonomi berada di kalangan menengah ke bawah atau dluafa.

 

Meliputi lansia, fakir, miskin, yatim dan orang-orang yang membutuhkan. Seperti namanya, Semat dilaksanakan setiap hari Jumat oleh para pengurus Fatayat bersama para donatur.

 

"Program Semat ini awalnya hanya untuk bersedekah nasi bungkus yang diberikan kepada jama'ah shalat Jumat. Seiring berjalannya waktu, jumlah donatur semakin bertambah banyak. Dan akhirnya pengurus PAC Fatayat Pulung berinisiatif untuk mengadakan Semat sembako. Pelaksanaannya setiap Jumat dengan sasaran penerima adalah masyarakat yang membutuhkan," tutur Erna, Ketua PAC Fatayat NU Pulung, Ahad (13/12/2020).

 

Sejauh ini sudah ada 4 desa yang merasakan dampak positif program Semat ini yaitu, Desa Singgahan, Tegalrejo, Pomahan dan Plunturan. Masyarakat merespon kegiatan ini dengan baik, terlebih dalam kondisi Pandemi Covid-19, dimana bantuan sosial sangat diperlukan oleh masyarakat menengah ke bawah.

 

"Harapan kami yaitu bisa ikut membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, dan kami juga menerima bantuan dari masyarakat yang peduli terhadap sesama. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan bisa istiqamah," pungkas Erna.   

 

 

Kendala yang pernah dialami selama ini adalah keterbatasan tenaga untuk mengambil bantuan sayur di daerah Pudak. Daerah ini merupakan wilayah dataran tinggi di Kecamtan Pulung. Rute yang harus dilalui tergolong sulit. Namun, terkadang ada relawan yang mau mengantar donasi yang berasal dari Pudak.

 

Penulis: Ihsan Imtihani Putra 

Editor: Romza

 


Editor:

Matraman Terbaru