• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Matraman

Seribu Santri di Ponorogo Ikuti Makesta IPNU-IPPNU

Seribu Santri di Ponorogo Ikuti Makesta IPNU-IPPNU
Seribu santri Pesantren Al-Islam saat mengikuti Makesta IPNU-IPPNU di Ponorogo. (Foto: NOJ/ Arisel Wiji Aningrum)
Seribu santri Pesantren Al-Islam saat mengikuti Makesta IPNU-IPPNU di Ponorogo. (Foto: NOJ/ Arisel Wiji Aningrum)

Ponorogo, NU Online Jatim

Capaian luar biasa ditorehkan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Mlarak, Ponorogo. Pasalnya, Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) yang digelar pada Sabtu-Senin (23-25/10) diikuti ribuan santri.

 

Kaderisasi awal di organisasi pelajar NU tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan Pondok Pesantren Al-Islam Desa Joresan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Kegiatan ini mengusung tema ‘Internalisasi Nilai Keislaman untuk Memperkuat Ideologi Santri yang Berlandaskan Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah’.

 

Ketua IPNU Kecamatan Mlarak, Singgih Dwi Nirwanto mengatakan, bahwa Makesta tersebut diikuti oleh santri Pesantren Al-Islam mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Total keseluruhan santri yang mengikuti acara tersebut berjumlah seribu santri.

 

“Total peserta dalam Makesta ini berjumlah seribu peserta, mereka terdiri dari pengurus asrama dan santri,” ujarnya.

 

Disebutkan, bahwa pelaksanaan Makesta tersebut digelar selama tiga hari, dengan masing-masing dilaksanakan setengah hari atau sejak pagi hingga siang.

 

“Hal ini dilakukan karena peserta adalah santri yang memiliki kewajiban masing-masing di pesantren. Jadi, kegiatan Makesta masih dibagi waktunya dengan kegiatan di pesantren,” terangnya.

 

Dirinya menyebutkan, tujuan dari Makesta tersebut ialah sebagai dakwah ke-NU-an, khususnya dalam penguatan ideologi santri yang berhaluan Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah, serta pengenalan IPNU-IPPNU di lingkungan pesantren.

 

"Acara ini bertujuan untuk mengepakkan sayap dan jejaring IPNU-IPPNU lingkungan pesantren. Oleh karenanya, besar harapan kami dengan adanya Makesta ini mampu menjadi embrio atas berdirinya Pimpinan Komisariat Pondok Pesantren (PKPP) di Ponorogo," tuturnya.

 

Ia menambahkan, bahwa peserta Makesta sebelumnya diwajibkan sudah selesai divaksinasi dengan dibuktikan sertifikat vaksin. “Alhamdulillah, meski dilakukan saat pandemi, acara berlangsung khidmat dan lancar,” pungkasnya.

 

Penulis: Arisel Wiji Aningrum


Matraman Terbaru