• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Matraman

Sinergikan Gerakan, LAZISNU Jenangan Ponorogo Gelar Madrasah Amil

Sinergikan Gerakan, LAZISNU Jenangan Ponorogo Gelar Madrasah Amil
Madrasah amil untuk pertama kali digelar oleh NU Care-LAZISNU Jenangan, Ponorogo. (Foto: NOJ/Yoga)
Madrasah amil untuk pertama kali digelar oleh NU Care-LAZISNU Jenangan, Ponorogo. (Foto: NOJ/Yoga)

Ponorogo, NU Online Jatim

Hal yang mendesak untuk dilakukan di semua komponen Nahdlatul Ulama adalah kebersamaan dan saling sinergi. Hal tersebut sebagai jawaban atas potensi dan kelebihan yang dimiliki.

 

Karenanya, untuk kali pertama, NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo menggelar kegiatan madrasah amil. Acara dipusatkan di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum 2, Desa Tanjungsari, Ahad (17/01/2021).

 

H Thohir Fauzi menekankan pentingnya sinergitas seluruh elemen yang dimiliki NU untuk bersama bahu membahu menuju kemandirian umat. “Hal tersebut berdasarkan pengalaman yang selama ini dirasakan Nahdiyin maupun pengurus NU Care-LAZISNU,” kata Ketua Pengurus Cabang (PC) NU Care-LAZISNU Cabang Ponorogo tersebut.

 

Dijelaskannya bahwa sinergitas dan bersama dalam menuju kemandirian umat bisa tercapai jika warga, badan otonom, lembaga di NU bisa satu komando.

 

"Dari mulai penghimpunan dan pengelolaan harus sesuai dengan aturan yang ada di NU Care-LAZISNU agar ke depan mampu disalurkan dengan tepat," ungkapnya.

 

Haji Thohir, sapaan akrabnya mengungkap jika tidak satu komando akan terjadi hal-hal yang menimbulkan ketidak selarasan. "Ini cukup menjadi masalah. Jadi saya yakin NU jika satu komando sangat amat mampu mandiri," ujarnya.

 

Sementara itu, Muhammad Busro menyampaikan madrasah amil sangat penting untuk pergerakan para awak LAZISNU di semua tingkat, khususnya untuk di kawasan Jenangan.

 

"Tentu kita akan ikut yang disampikan PC NU Care LAZISNU Ponorogo dalam melakukan pengelolaan, penghimpunan dan penyerahan," tegas Ketua NU Care-LAZISNU Kecamatan Jenangan tersebut.

 

Sedangkan Kiai Ahmad Samuji berpesan kepada seluruh pengurus untuk terus semangat dalam berjuang. Hal itu untuk menambah daya istikamah dalam berjuang.

 

"Semangat itu penting, agar nanti semua yang dicita-citakan berhasil. Nah, karena ini perdana di Ponorogo. Semoga menjadi semangat untuk kita semua," harap Ketua Majelis Wakil Cabang Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Jenangan tersebut.

 

Selama kegiatan madrasah amil, peserta mendapat materi fiqih zakat. Dalam materi khas NU tersebut diisi oleh lembaga bahtsul masail dengan pemateri KH Badrus Arif Sholeh. Dilanjutkan dengan KOIN NU Care-LAZISNU oleh Nur Khasanah dan digital fundraising dan media sosial oleh Didik selaku Koordinator Media Creatif NU Care-LAZISNU Cabang Ponorogo.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Matraman Terbaru