• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Matraman

Taat Prokes dan Vaksinasi, Solusi Terbaik Cegah Covid-19

Taat Prokes dan Vaksinasi, Solusi Terbaik Cegah Covid-19
Dokter spesialis Urologi RSU Muslimat Ponorogo, dr Riza Mazidu Sholihin. (Foto: NOJ/Ist).
Dokter spesialis Urologi RSU Muslimat Ponorogo, dr Riza Mazidu Sholihin. (Foto: NOJ/Ist).

Ponorogo, NU Online Jatim

Dokter spesialis Urologi RSU Muslimat Ponorogo, dr Riza Mazidu Sholihin mengatakan, pencegahan terbaik Covid-19 adalah patuh dan taat menggunakan protokol kesehatan (prokes), sedang untuk membantu kekebalan tubuh dari virus yaitu dengan vaksinasi.

 

Hal demikian disampaikan Dokter Riza dalam sesi tanya jawab pada acara Doa Bersama Pasien Covid-19 dan Warga Isolasi Mandiri (Isoman) yang diadakan Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ponorogo secara virtual, Jumat (06/08/2021).

 

Selain terus taat prokes, Riza meminta agar Nahdliyin tidak takut divaksin. Mengingat, fungsi vaksin ialah untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari virus. Hal tersebut, menurutnya, merupakan bagian dari langkah pencegahan dalam penularan Covid-19.

 

“Jadi, sahabat-sahabat Ansor tidak perlu takut vaksin. Itu untuk meningkatkan imunitas tubuh,” ujar Riza.

 

Menurutnya, vaksinasi merupakan bagian dari ikhtiar bersama dalam mengatasi penyebaran virus yang berasal dari Wuhan China tersebut. Namun demikian, meski sudah divaksin, Riza mengingatkan agar tetap mematuhi prokes.

 

"Meskipun sudah divaksin, tetap harus patuh prokes. Tetap harus pakai masker, jaga jarak, dan lain sebagainya," ucapnya.

 

Riza berharap, agar Nahdliyin tidak takut berobat atau periksa ke rumah sakit. Hal tersebut menurutnya perlu dilakukan agar mendapatkan penanganan yang intensif dari tenaga kesehatan yang bertugas. Ia pun berharap agar pandemi lekas berakhir.

 

“Semoga pandemi segera berlalu, dan kita semua dapat berkativitas kembali seperti biasanya. Amin,” pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru