• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Matraman

Tingkatkan Kualitas Kader, IPNU-IPPNU di Ngawi Gelar Lakmud

Tingkatkan Kualitas Kader, IPNU-IPPNU di Ngawi Gelar Lakmud
Pelaksanaan Lakmud oleh PAC IPNU-IPPNU Kendal, Ngawi. (Foto: NOJ/ Dewi Maslakhatun Nikmah)
Pelaksanaan Lakmud oleh PAC IPNU-IPPNU Kendal, Ngawi. (Foto: NOJ/ Dewi Maslakhatun Nikmah)

Ngawi, NU Online Jatim
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi mengadakan Latihan Kader Muda (Lakmud). Kegiatan tersebut dipusatkan di Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif (STAIM) Kendal, Ngawi.


Acara yang dilaksanakan selama tiga hari sejak Selasa (05/07/2022) hingga Kamis (08/07/2022) ini mengusung tema ‘Gold Generation’. Ketua PAC IPNU Kendal, Hamam Faruq Al Kindy mengatakan, bahwa pemilihan tema yang sederhana tersebut karena sejumlah alasan.


"Pengambilan tema tersebut bukan tanpa arti, Gold sendiri berarti emas dan Generation berarti generasi. Itu artinya, IPNU-IPPNU adalah genersi emas di Nahdlatul Ulama," terangnya kepada NU Online Jatim, Selasa (05/07/2022).


Sementara Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Ngawi, Thoib mengatakan, bahwa salah satu tujuan pengkaderan tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas kader. “Lewat pengkaderan seperti inilah kemudian kualitas-kualitas kader dibentuk,” ujar Thoib.


Menurutnya, dari aspek kuantitas IPNU-IPPNU di Ngawi sudah bisa dibuktikan dengan banyak terbentuknya kepengurusan di tingkat Pimpinan Ranting (PR) hingga Pimpinan Komisariat (PK). Hal tersebut tentu dapat dikuatkan dengan semboyan IPNU-IPPNU Kendal, yakni 'Pelajar Menginspirasi, Mengabdi Berkarakter'.


"Semboyan ini menunjukkan bahwa sudah waktunya berbicara kualitas, kalau kuantitas biasa dibuktikan dengan keberadaan kader. Dan saat ini sudah waktunya IPNU-IPPNU berbicara kader yang berkualitas," imbuhnya.


Ia juga mengingatkan kepada peserta, agar usai kegiatan dapat membagikan ilmu dan pengalaman yang diperoleh di lingkungan kepengurusan masing-masing. “Ilmu dan pengalaman yang diperoleh nantinya juga disebarluaskan kepada kader-kader yang lain,” kata Thoib.


Diketahui, animo peserta dalam kegiatan tersebut cukup tinggi. Terbukti, kaderisasi lanjutan usai Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) tersebut tidak hanya diikuti oleh kader IPNU-IPPNU asal Ngawi, namun juga dari Madiun, Magetan, Ponorogo, dan Pacitan.


Matraman Terbaru