• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Matraman

IPNU-IPPNU di Ngawi Rutin Ngaji Kitab Ta’limul Muta’allim

IPNU-IPPNU di Ngawi Rutin Ngaji Kitab Ta’limul Muta’allim
Kegiatan ngaji kitab Ta'limul Muta'allim setiap Ahad Pahing olehh PAC IPNU-IPPNU Karangjati, Ngawi. (Foto: NOJ/Dewi Ni'mah).
Kegiatan ngaji kitab Ta'limul Muta'allim setiap Ahad Pahing olehh PAC IPNU-IPPNU Karangjati, Ngawi. (Foto: NOJ/Dewi Ni'mah).

Ngawi, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Karangjati, Ngawi mengadakan ngaji kitab Ta’limul Muta’allim, Ahad (29/08/2021). Kegiatan yang dipusatkan di Sekretariat PAC IPNU-IPPNU setempat setiap  Ahad Pahing ini dibimbing langsung oleh pembina yakni Ustadz Luthfi Khakhim.

 

Ketua PAC IPNU Karangjati, Wahyu Yoga Ari Respati mengatakan, tujuan kegiatan tersebut diantaranya untuk menambah pengetahuan pelajar NU setempat beberapa hal yang terkandung dalam kitab-kitab klasik.

 

Disebutkan pula bahwa, kegiatan tersebut terbuka untuk umum, baik lulusan pesantren ataupun tidak. Hal tersebut agar pelajar NU yang tidak pernah mengenyam pendidikan kitab kuning dapat mengetahui dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari.

 

“Kami ingin membuat rumah yang nyaman untuk pelajar NU Karangjati tanpa ada perbedaan antara yang pernah mondok ataupun tidak,” ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Perihal rumah yang nyaman tersebut, menurut Wahyu, merupakan amanat dari Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Ngawi, Kiai Ulin Nuha Rozy. Sehingga kemudian, diimplementasikan oleh dirinya dan Ketua IPPNU Karangjati di masa kepemimpinannya.

 

Lebih lanjut, Wahyu juga menyampaikan, tujuan lain dari diadakannya pengajian rutin tersebut adalah untuk mempererat silaturahmi antar kader IPNU-IPPNU Karangjati melalui kegiatan tersebut. Selain itu, dipilihnya kitab Ta’limul Muta’allim pada kajian tersebut agar seluruh anggota memiliki bekal budi pekerti yang baik.

 

“Karena dalam berorganisasi itu hendaknya juga tidak meninggalkan akhlak ataupun budi pekerti yang baik,” imbuhnya.

 

Penulis: Dewi Ni’mah

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru