• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Matraman

Kukuhkan Identitas, IPNU-IPPNU di Ponorogo Sukseskan Pembuatan Kartanu

Kukuhkan Identitas, IPNU-IPPNU di Ponorogo Sukseskan Pembuatan Kartanu
Pelajar NU Ngebel, Ponorogo saat melakukan pendataan pembuatan Kartanu. (Foto: NOJ/Husnul K).
Pelajar NU Ngebel, Ponorogo saat melakukan pendataan pembuatan Kartanu. (Foto: NOJ/Husnul K).

Ponorogo, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Ngebel, Ponorogo turut menyukseskan Sensus Warga NU. Sensus dilakukan dengan pembuatan Kartu Tanda Anggota Nahdlatul Ulama (Kartanu) secara serentak.

 

Kegiatan dipusatkan di Mushola Asy-Syarif, Ngebel, Ponorogo, Ahad (29/08/2021). Pembuatan Kartanu serentak ini dilakukan untuk mengukuhkan identitas diri sebagai warga NU.

 

"Sangat penting sebagai warga NU memiliki Kartanu. Hal tersebut sebagai wujud memiliki kepada organisasi dan bentuk khidmat kita kepada muassis," ucap Ketua PAC IPPNU Ngebel, Alvi Nanda.

 

Terkait pembiayaan, Alvi mengaku melakukan kerja sama dengan sebuah lembaga usaha milik pelajar NU Ngebel. Sehingga dapat meringankan biaya percetakan yang harus ditanggung oleh pelajar.

 

"Pembuatan Kartanu ini bekerja sama dengan Kaderpreneur Ngebel, yakni salah satu lembaga yang membidangi perekonomian organisasi. Kami memberikan subsidi pembiayaan kepada kader IPNU-IPPNU yang ingin membuat Kartanu," terang Alvi.

 

Sementara Ketua Tim Kartanu, Diky kurniawan menuturkan, bahwa pembuatan Kartanu tersebut sebagai bentuk khidmah kaum pelajar di era milenial kepada organisasi Nahdlatul Ulama yang didirikan oleh para ulama.

 

"Kader IPNU-IPPNU sebagai kaum milenial dianjurkan mengunduh aplikasi Kartanu di Playstore, karena di dalamnya banyak sekali fitu-fitur yang bisa dimanfaatkan, seperti website NU Online dan kanal youtube NU Channel yang bisa menambah wawasan kita," ucap Diky.

 

Tidak hanya itu, menurut Diky, manfaat lain dari pemilik Kartanu tersebut bisa mendapatkan potongan biaya di perguruan tinggi NU, rumah sakit NU, dan swalayan milik NU.

 

 

“Oleh karena itu, mari bersama-sama kita membuat dan mengaktifkan Kartanu di smartphone kita. Selain itu, hendaknya juga turut mensosialisasikan dan memfasilitasi pembuatan Kartanu bagi Nahdliyin di sekitar kita,” pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru