• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Tapal Kuda

Gelar Lakmud, Pelajar NU di Pasuruan Siapkan Kader Militan

Gelar Lakmud, Pelajar NU di Pasuruan Siapkan Kader Militan
Kegiatan Lakmud yang digelar oleh PAC IPNU-IPPNU Tutur, Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)
Kegiatan Lakmud yang digelar oleh PAC IPNU-IPPNU Tutur, Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud). Kegiatan tersebut dipusatkan di MI Miftahul Ulum Tamanan Kayukebek, Tutur, Kabupaten Pasuruan, Sabtu-Senin (25-27/06/2022).


Ketua PAC IPNU Tutur, Muhammad Sodikin mengatakan, tujuan diadakannya Lakmud adalah untuk mengorganisir kader agar loyal dan militan kepada organisasi. Selain itu, sebagai bekal agar bisa mengikuti kaderisasi Latihan Instruktur (Latin) dan Latihan Pelatih (Latpel) di tingkat Pimpinan Cabang (PC).


“Peserta Lakmud nantinya akan diarahkan untuk mengurus Pimpinan Ranting atau pembentukan Pimpinan Ranting masing-masing yang belum terbentuk, serta dapat mengikuti kaderisasi lanjutan berupa Latin dan Latpel,” ujarnya.


Dirinya pun berpesan, agar kader IPNU-IPPNU yang mengikuti Lakmud benar-benar dapat mengamalkan ilmu yang telah didapatkan serta bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat.


“Jika kader Lakmud mengamalkan ilmunya, maka dia sudah menunjukkan identitas, kualitas, dan loyalitasnya terhadap organisasi,” katanya.


Menurutnya, jika identitas berorganisasi tertanam kuat dalam diri masing-masing, maka akan timbul rasa memiliki terhadap organisasi. Dari rasa memiliki tersebut, kader IPNU-IPPNU akan memberikan yang terbaik untuk organisasi.


“Loyalitas akan tumbuh jika kita memiliki rasa memiliki terhadap organisasi dan memberikan yang terbaik untuk organisasi,” imbuhnya.


Sementara Wakil Ketua Pimpinan Pusat (PP) IPNU, Khoirul Anwar berharap kepada peserta Lakmud agar menjadi kader yang militan dan berkualitas.


“Selamat dan sukses atas terselenggaranya Lakmud PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Tutur, semoga peserta bisa menjadi kader yang militan dan berkualitas,” tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru