• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Madura

Ikhtiar Ansor di Sampang Cetak Kader Militan Lewat PKD dan Diklatsar

Ikhtiar Ansor di Sampang Cetak Kader Militan Lewat PKD dan Diklatsar
Kader Banser saat mengikuti Diklatsar oleh PAC GP Ansor Banyuates, Sampang. (Foto: NOJ/ Fahromi Nashihuddin)
Kader Banser saat mengikuti Diklatsar oleh PAC GP Ansor Banyuates, Sampang. (Foto: NOJ/ Fahromi Nashihuddin)

Sampang, NU Online Jatim
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Banyuates, Sampang mengadakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) dan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Kegiatan yang dipusatkan di Pondok Pesantren Salafi Nurul Huda, Desa Kembang Jeruk, Banyuates, Sampang, Jum’at-Ahad (10-12/06/2022).


Selama tiga hari, sebanyak 150 peserta digodok dan digembleng dengan berbagai materi yang berlandaskan paham Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah. Hal itu dilakukan agar menjadi kader Ansor dan Banser yang militan dan bermanfaat untuk umat.


“Tujuan dari PKD dan Diklatsar ini adalah mencetak kader-kader militan, siap berkhidmat pada NU seutuhnya. Sehingga mampu memberikan kontribusi positif terhadap organisasi dan masyarakat, serta dapat bermanfaat bagi umat. Itu harapan terbesar kami," ungkap Romli, Ketua Panitia Pelaksana, Ahad (12/06/2022).


Romli menjelaskan, PKD adalah pendidikan dan pelatihan kepemimpinan kader tingkat pertama yang wajib diikuti oleh setiap orang yang ingin bergabung di organisasi kepemudaan GP Ansor.


“PKD ini merupakan sistem pengkaderan GP Ansor yang diorentasikan untuk melakukan penanaman ideologi kepada anggota,” jelas Romli.


Sedangkan Diklatsar adalah salah satu jenjang pengkaderan yang diberlakukan bagi warga yang ingin menjadi anggota Banser atau Barisan Ansor Serbaguna, yang merupakan lembaga semi-otonom dari Gerakan Pemuda Ansor.


"Alhamdulillah, kegiatan yang dilaksanakan oleh PAC GP Ansor Banyuates ini diikuti oleh 150 peserta. Bahkan sebagian peserta PKD ada yang dari luar provinsi, seperti Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat," terangnya.


Sementara Sekretaris PAC GP Ansor Banyuates, Musli Mulyono menambahkan, bahwa gerakan Ansor Banyuates tidak hanya sebatas berhenti di PKD dan Diklatsar. Menurutnya sudah ada beberapa program lain yang telah diagendakan dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat.


​​​​​​​“Mohon doanya semoga kami dapat melaksanakan semua program dengan baik. Ini merupakan bentuk dedikasi dan pengabdian kami, karena berkhidmat di NU merupakan keharusan yang wajib dilakukan," tutupnya.


Madura Terbaru