• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Tapal Kuda

Gelar PKD, Ikhtiar Ansor di Pasuruan Cetak Kader Militan

Gelar PKD, Ikhtiar Ansor di Pasuruan Cetak Kader Militan
Pelaksanaan PKD oleh PAC GP Ansor Bugul Kidul, Kota Pasuruan guna cetak kader militan. (Foto: NOJ/ Diana Putri Maulida)
Pelaksanaan PKD oleh PAC GP Ansor Bugul Kidul, Kota Pasuruan guna cetak kader militan. (Foto: NOJ/ Diana Putri Maulida)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) ke-2. Kegiatan bertajuk ‘Meneguhkan Komitmen Menuju Kemandirian Organisasi dalam Bingkai Aswaja’ ini dipusatkan di MI Darul Ulum Blandongan, Kota Pasuruan, Sabtu-Ahad, (05-06/03/2022).


Ketua PAC Bugul Kidul, Umar Faruq mengatakan, kegiatan difokuskan dengan pemaparan sejumlah materi kepada peserta. Di antaranya, ke-Ansor-an, ke-NU-an, dasar kepemimpinan, dasar kemandirian, ke-organisasi-an, ke-Banser-an, bela negara, ke-Aswaja-an, serta pemanfaatan media.


“Selain itu, terdapat kegiatan mujahadah serta halang rintang mini untuk melatih kekompakan para kader,” kata Umar.


Ia menjelaskan, bahwa instruktur kegiatana haling rintang dilakukan langsung oleh Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kota Pasuruan.


"Kegiatan PKD dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB malam hari. Kalau kegiatan mujahadah itu kita mencontoh para masyayikh, yakni dengan istighosah dan wiridan mulai pukul 02.30 WIB dini hari sampai menjelang subuh," imbuhnya.


Menurut Umar, sebelum dinyatakan sebagai peserta, sebelumnya dilakukan screening pada Ahad (27/02/2022) lalu. Dari 60 peserta yang mendaftar, 40 peserta di antaranya dinyatakan lolos dan berhak mengikuti PKD.


Ia menambahkan, screening tersebut bertujuan untuk menguji pemahaman calon kader seputar ke-Aswaja-an serta ke-Ansor-an. Mereka ditanya bacaan qunut, tahlil, mars Syubbanul Wathon, dan mars GP Ansor.


"Ada verifikasi berkas juga, yang meliputi SK dari Pengurus Ranting (PR), KTP, KK, foto, dan yang penting juga sertifikat vaksin," terangnya.


Umar berharap, kegiatan tersebut dapat mencetak kader yang militan, ideologis, berkarakter, dan berdedikasi tinggi untuk kemajuan GP Ansor. Selain itu, juga menjadi kader yang cinta tanah air serta rela berkorban untuk bangsa dan negara.

 


"Saya berharap, semua peserta nantinya satu komando dan satu barisan dengan pimpinan, dan terbentuk kader militan," pungkas Umar.


Tapal Kuda Terbaru