• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Metropolis

Ada di Jatim, Ini 5 Daerah Penyumbang Calon Jamaah Haji Terbanyak Se-Indonesia

Ada di Jatim, Ini 5 Daerah Penyumbang Calon Jamaah Haji Terbanyak Se-Indonesia
Sejumlah jamaah haji Indonesia. Foto: Istimewa
Sejumlah jamaah haji Indonesia. Foto: Istimewa

Surabaya, NU Online Jatim

Ada 5 daerah penyumbang calon jamaah haji terbanyak se Indonesia di Jawa Timur. Hal ini menunjukkan warga Jatim memiliki antusiasme tinggi untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.


Kelima daerah tersebut yaitu Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kabupaten Jember, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Lamongan. Data ini berdasarkan informasi dari Kementerian Agaman (Kemenag) Jawa Timur pada tahun 2021.


Menanggapi hal ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersyukur bahwa minat masyarakat terhadap ibadah haji terus meningkat setiap tahunnya. Ia optimistis bahwa ini akan menjadi penanda bangkitnya ekonomi Jatim pasca pandemi.


"Minat warga Jatim untuk melaksanakan ibadah haji sangat tinggi. Bahkan saat ini yang terus menanyakan kapan haji  bagi warga di atas usia 65 tahun juga cukup  banyak," kata Khofifah dikutip timesindonesia.co.id, Sabtu (02/07/2022).


Menurut Khofifah, tingginya antusiasme masyarakat Jatim  dalam melaksanakan ibadah haji dengan menduduki peringkat teratas penyumbang jamaah haji terbanyak, berdampak pada makin panjangnya daftar tunggu untuk keberangkatan haji di Jatim.


"Maka kita berharap kuota ibadah haji untuk Indonesia bisa terus meningkat sehingga masyarakat Jatim yang berangkat ibadah haji pun bisa lebih banyak setiap tahunnya," ujarnya.


Adapun pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini total jamaah haji yang berangkat dari embarkasi Juanda sebanyak 16.437 orang dengan petugas sebanyak 148 orang.


Dengan demikian, total menjadi 16.585 orang. Sedangkan pada kloter terahir yaitu klotet 38 jumlah jemaah yang diberangkatkan sebanyak 248 orang jemaah dengan petugas sebanyak 2 orang sehingga total 250 orang.


Editor:

Metropolis Terbaru