• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Metropolis

Aminuddin Zulfi, Kader IPNU Mojokerto Menang Mister Muslim Jatim

Aminuddin Zulfi, Kader IPNU Mojokerto Menang Mister Muslim Jatim
Muhammad Aminuddin Zulfi, kader IPNU Mojokerto peraih Runner Up 1 Mister Muslim Jawa Timur 2022. (Foto: NOJ/ Yulia NH)
Muhammad Aminuddin Zulfi, kader IPNU Mojokerto peraih Runner Up 1 Mister Muslim Jawa Timur 2022. (Foto: NOJ/ Yulia NH)

Mojokerto, NU Online Jatim

Muhammad Aminuddin Zulfi, kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) asal Kabupaten Mojokerto baru saja dinobatkan sebagai Runner Up 1 ajang Mister Muslim Jawa Timur 2022. Penobatan ajang tersebut dipusatkan di Jember Town Square (Jetos), Jalan Kaliurang, Kabupaten Jember, Ahad (10/04/2022).


Pria kelahiran 1999 tersebut mengaku sejak awal telah tertarik untuk mengikuti ajang yang diselenggarakan oleh Supermodelmanagement Jember Town Square (Jetos) setempat ini. “Karena ini merupakan salah satu ajang yang ditujukan kepada para pemuda Muslim dan pemudi Muslimah di Jatim,” katanya kepada NU Online Jatim, Selasa (12/04/2022).


Anggota Badan Student Research Center (SRC) PC IPNU Kabupaten Mojokerto ini menerangkan, seleksi awal dilaksanakan dengan mengirim berkas berupa Curriculum Vitea (CV) dan Foto (Close up & Full body). Selanjutnya seleksi online dengan mengirimkan 3 video.


“Pertama video perkenalan, kedua video menghafal atau membaca ayat Al-Qur'an dengan surat yang sudah ditentukan oleh juri, dan video ketiga adalah video catwalk. Selanjutnya dipilih 20 finalis Mister Muslim dan 30 finalis Miss Muslim,” terangnya.


Tahap selanjutnya dilaksanakan secara offline, yakni tes tulis dengan menjawab 10 soal esai tentang Muslim, pemuda, orang tua, karakter, modernisasi, dan lain-lain. Kemudian ada tahap interview yang dilaksanakan satu persatu, setelah itu ada pemaparan 3 materi dan dilanjut dengan gladi bersih.


Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya itu menjelaskan, di babak 15 besar dirinya bersama peserta lain pidato secara bergiliran dalam kurun waktu sekira 1 menit dengan tema ‘Islam di Era Modern’. Sementara di babak 10 besar pidato kembali dengan tema ‘Hal yang Merusak Generasi Muda Muslim di Era Millenial’.


“Terakhir dipilihlah 5 besar dan diberikan soal langsung oleh juri, kemudian pengumuman untuk 3 besar dengan QnA lagi, setelah itu dilanjutkan awarding,” jelas Zulfi.


Menurut Zulfi, dalam ajang pageant ini hal yang harus disiapkan adalah 3B, yakni Brain (Cerdas), Beauty (cantik luar dan dalam), dan Behaviour (sikap/ tingkah laku). “Dan yang pasti karena ajang ini diperuntukkan untuk pemuda pemudi Muslim, maka wajib berpengetahuan banyak tentang agama Islam,” ungkapnya.


Pihaknya berharap, dengan prestasi itu semoga dapat mengemban amanah dengan baik. Yakni, jadi pribadi yang lebih baik, dapat menebar kebaikan untuk semua orang, serta jadi role model (contoh) pemuda pemudi Muslim di era milenial sekarang ini.


“Karena khoirunnas anfauhum linnas, yaitu sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Pemuda muslim harus bangkit, tidak hanya menjadi pemuda yang apatis, akan tetapi menjadi pemuda yang humanis. Karena syubbanul yaum rijalul ghad, yaitu pemuda hari ini adalah pemimpin di masa yang akan datang,” pungkasnya.


Segudang Prestasi dan Penghargaan
Berkat segudang kemampuan yang dimiliki, Zulfi berhasil memperoleh berbagai macam prestasi dan penghargaan. Di antaranya, peserta Mount Kinabalu Biodiversity and Research Malaysia Cos MathExpo, peserta Pelayaran Santri Bela Negara Jakarta Surabaya, Wakil Mojokerto dalam Seleksi Pemuda Pelopor Jatim bidang Seni, Budaya dan Agama.


Zulfi juga pernah meraih Juara 2 Roket Air Kabupaten Jombang, Juara 2 LKTI Disporabudpar Kabupaten Jombang, Juara 3 Duta FMIPA Unesa, 10 Besar LKTI UII Yogyakarta, Best Speaker Mathematic Papers Competitions Ikahimaptika Wilayah V.


Di ajang perncarian bakat ia merupakan Finalis Duta ISNU Jatim, Juara 1 Duta Santri dan Pelajar Majapahit, Gus Wakil 1 Kabupaten Mojokerto, dan terakhir Runner Up 1 Mister Muslim Jatim 2022.


Sementara pendidikannya ia mulai dari SDN Brayung 3 Mojokerto (2005-2011), MTsN Mojokerto (2011-2014), MAN Tambakberas Jombang (2014-2017), Universitas Negeri Surabaya (2017-sekarang).


Untuk pendidikan non formal, yaitu di TPQ Baitul Huda Mojokerto (2005-2012), Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang (2014-2017), dan Pondok Pesantren Mahasiswa Jagad ‘Alimussirry, Surabaya (2017-sekarang).


Metropolis Terbaru