• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 9 Desember 2022

Metropolis

Ansor Jatim Gelar Mujahadah Kubro Doakan Jamaah Haji

Ansor Jatim Gelar Mujahadah Kubro Doakan Jamaah Haji
Kegiatan Mujahadah Kubro oleh PW GP Ansor Jatim bersama Kemenag Jatim. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Kegiatan Mujahadah Kubro oleh PW GP Ansor Jatim bersama Kemenag Jatim. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor melalui PW Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Jatim menggelar Mujahadah Kubro. Hal ini sebagai ikhtiar untuk mendoakan keselamatan dan kelancaran seluruh jamaah haji Indonesia tahun 1443 Hijriyah.


Kegiatan yang terselenggara atas kerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jatim ini dipusatkan di Aula Kanwil Kemenag Jatim, Jalan Raya Bandara Juanda Nomor 26, Sidoarjo, Selasa (05/07/2022).


“Saya harap kolaborasi dengan GP Ansor ini akan terus berlanjut, sehingga Indonesia akan semakin kokoh dan kuat,” ujar H Nawawi, Kepala bagian (Kabag) Tata Usaha (TU) Kanwil Kemenag Jatim.


Dijelaskannya, Mujahadah Kubro ini selain untuk mendoakan jamaah haji Indonesia, juga dalam rangka mendoakan Menteri Agama (Menag) Gus Yaqut Cholil Qoumas yang saat ini sedang memimpin delegasi jamaah haji di Makkah.


“Selanjutnya, juga untuk mendoakan Kakanwil Kemenag Jatim H Husnul Maram yang saat ini juga menjadi petugas untuk memastikan jamaah haji Jatim terlayani dengan sempurna,” katanya.


Dirinya menyebutkan, bahwa tugas yang diterima Menag RI, Kakanwil Kemenag Jatim, serta petugas yang lain merupakan amanat yang sangat besar. Mengingat, tahun ini pelaksanaan haji diharap lebih sukses dibandingkan dengan tahun sebelumnya.


“Maka, pada kesempatan ini mari kita doakan bersama agar beliau tetap sehat dan diberi kekuatan oleh Allah. Sehingga bisa menjalankan amanah yang cukup besar ini dengan sempurna,” ungkapnya.


Sementara Wakil Ketua PW GP Ansor Jatim, Habib Mahdi Al Khered mengungkapkan, bahwa kegiatan malam ini adalah sejarah baru bagi PW GP Ansor Jatim. Karena baru pertama kali bisa bermujahadah bersama Kanwil Kemenag Jatim yang diikuti secara virtual oleh jajaran Kemenag se-Jatim.


“Ini merupakan sinergi yang luar biasa. Mudah-mudahan sinergi ini bisa menjadi program rutin setiap tahun. Semoga seluruh jamaah haji Indonesia menjadi haji yang mabrur dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat wal afiat. Amin,” ungkapnya.


Ketua PW Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Jatim, HM Nailur Rochman dalam mauidhohnya menuturkan, ibadah haji merupakan ibadah yang istimewa. Karena haji adalah ibadah yang mengumpulkan antara ibadah fisik, lisan, hati, jihad, mental, perjuangab, tirakat, dan harta.


“Maka, orang yang berangkat haji ini sedang menjalani ujian. Sanggupkah Anda berkomitmen untuk menjalankan haji?. Bayar haji, berangkat mau capek, susah, berdesak-desakan, dan ngantri. Semuanya itu adalah ujian supaya kita ini naik kualitas imannya,” tutur Gus Amak, sapaan akrabnya.


​​​​​​​Acara ini dihadiri oleh jajaran pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag Jatim, sejumlah pengurus PW GP Ansor Jatim, PW MDS Rijalul Ansor Jatim, serta Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jatim. Tampak hadir pula, utusan Pimpinan Cabang (PC) MDS Rijalul Ansor sekitar dan tamu undangan lainnya.


Metropolis Terbaru