• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Metropolis

Bidang Seni dan Budaya Islam Nusantara Rijalul Ansor Jatim Fokus Lestarikan Budaya

Bidang Seni dan Budaya Islam Nusantara Rijalul Ansor Jatim Fokus Lestarikan Budaya
Perumusan program kerja bidang seni dan budaya Islam nusantara PW MDS Rijalul Ansor Jatim. (Foto: NOJ/GB)
Perumusan program kerja bidang seni dan budaya Islam nusantara PW MDS Rijalul Ansor Jatim. (Foto: NOJ/GB)

Mojokerto, NU Online Jatim

Pimpinan Wilayah (PW) Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Jatim menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) untuk melaksanakan diseminasi amanat Rakerwil PW Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jatim. Dalam Rakerwil yang digelar pada Sabtu (13/03/2021) hingga Ahad (14/03/2021) di Trawas, Mojokerto ini, MDS Rijalul Ansor Jatim merumuskan berbagai program kerja strategis yang diterjemahkan ke dalam tujuh bidang.

 

Salah satunya adalah bidang seni dan budaya Islam nusantara. Bidang yang dinakhodai oleh M Ainul Mubarak ini fokus untuk melestarikan dan menjaga kesenian serta budaya nusantara.

 

“Bidang seni dan budaya Islam nusantara PW MDS Rijalul Ansor Jatim fokus menggarap program-program untuk melestarikan dan menjaga kesenian serta budaya nusantara,” katanya.

 

Pria yang akrab disapa Gus Barok ini menambahkan, bahwa ada tiga program kerja yang akan dilaksanakannya.

 

“Pertama, ngaji budaya Islam nusantara. Program ini bertujuan untuk memperkuat strategi Islam nusantara dan mengenalkan manuskrip beserta naskah-naskah kuno. Target kita saat hari santri untuk para santri, mahasiswa, generasi milenial, dan muslim perkotaan,” tambahnya

 

Kedua, parade patrol dan musik jalanan yang merangkul saudara-saudara di jalanan untuk diajak bersama-sama di MDS Rijalul Ansor Jatim. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Hari Santri, sehingga harapannya bisa menyantrikan anak-anak jalanan.

 

“Ketiga, festival cinematografi puisi nusantara yang diprakarsai oleh Gus Haidar Hafidz Pasuruan. Program ini untuk melahirkan sastrawan-sastrawan baru khususnya di kalangan santri,” ungkap salah satu Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Fatchul Ulum Pacet, Mojokerto.

 

Gus Barok berharap, seluruh personil PW MDS Rijalul Ansor Jatim dapat melaksanakan program kerja dengan sebaik-baiknya.

 

“Kami berharap seluruh program dan kegiatan PW MDS Rijalul Ansor Jatim berjalan sukses lancar sesuai target,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru