• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Metropolis

Cerita Siswa Madrasah di Sidoarjo Bersepeda hingga ke Sumatera

Cerita Siswa Madrasah di Sidoarjo Bersepeda hingga ke Sumatera
Syahrul Ramadhan pesepeda cilik asal Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Syahrul Ramadhan pesepeda cilik asal Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Syahrul Ramadhan, siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Balongmacekan, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo memiliki cukup banyak pengalaman dalam bersepeda. Salah satunya saat dirinya bersama sang ayah bersepeda hingga ke Sumatera.​​​​​​​


Syahrul menceritakan, hobinya bersepeda sudah dijalani sejak tiga tahun lalu. “Saya hobi bersepeda sejak duduk di bangku kelas tiga, saat itu almarhum ayah sering mengajak saya bersepeda,” katanya kepada NU Online Jatim, Jumat (09/09/2022).


Ia melanjutkan, dirinya bersama komunitas bersepeda ayahnya pernah menempuh perjalanan dari rumahnya di Dusun Balongmacekan Desa Tarik hingga ke Gresik, Jombang, Kediri, Nganjuk dan Probolinggo.


“Paling jauh bersepeda sampai Sumatera. Kata ayah saat itu kalau tidak kuat gampang, ada tim yang akan membantu,” ujarnya.


Menurut Syahrul, perjalanan dari rumahnya hingga ke Sumatera membutuhkan waktu pulang pergi selama dua bulan lebih satu minggu. Saat di Sumatera, ia mengikuti acara pertemuan komunitas bersepeda dari berbagai provinsi.


“Waktu di Sumatera itu saya dapat hadiah Handphone karena menjadi lima peserta terkecil,” katanya.


Tidak hanya mendapat Handphone, Syahrul juga sering mendapat hadiah lain seperti sprai, topi, dan lainnya. Ia senang ikut komunitas bersepeda karena bisa bertemu dan berkenalan dengan orang dari berbagai provinsi.


“Yang di Sumatera itu bukan hanya komunitas bersepeda dari Indoneisa saja, ada juga yang dari Malaysia dan negara-negara lain,” ungkapnya.


Dalam momentum Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada tangal 9 September ini, Syahrul mengajak seluruh anak-anak di Indonesia untuk rajin berolahraga.


Ia menegaskan, berolahraga tidak harus bersepeda tetapi bisa olahraga sesuai yang disenangi. Baginya, dengan olehraga dapat menyehatkan badan, senang dan berpengalaman.


“Kalau bersepeda itu seru, jadi tahu tempat ini dan itu. Kalau di rumah saja tidak tahu apa-apa,” ujarnya.


Editor:

Metropolis Terbaru