• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Metropolis

Fatayat NU di Sidoarjo Bekali Kader Keterampilan Videografi

Fatayat NU di Sidoarjo Bekali Kader Keterampilan Videografi
Pelatihan membuat video PAC Fatayat NU Buduran, Sidoarjo sebaga bekal keterampilan videografi. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto).
Pelatihan membuat video PAC Fatayat NU Buduran, Sidoarjo sebaga bekal keterampilan videografi. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Buduran, Kabupaten Sidoarjo menyelenggarakan pelatihan membuat video menggunakan smartphone dengan simple dan mudah. Hal ini dilakukan untuk membekali kader keterampilan videografi sebagai literasi dakwah digital.

 

Acara dipusatkan di Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), Jum’at (10/09/2021). Pelatihan videografi diikuti lebih kurang 30 orang kader dari unsur PAC dan Pimpinan Ranting (PR) Fatayat NU se-Kecamatan Buduran, dengan memanfaatkan aplikasi Kinemaster.

 

Ketua PAC Fatayat NU Buduran, Siti Mutoyibah mengatakan, pelatihan dilakukan guna memberikan pengetahuan terkait pembuatan video yang sederhana dan mudah. Mengingat, keterampilan videografi merupakan hal yang dibutuhkan kader Fatayat NU di era digital.

 

“(Pelatihan) ini dilakukan agar kader Fatayat NU Buduran bisa membuat video pendek atau video dokumenter, khususnya dalam merekam segala kegiatan Fatayat NU. Yang kemudian video tersebut disebarkan lewat media demi membekali dan mengedukasi publik dalam hal syiar keislaman dan kebangsaan,” katanya kepada NU Online Jatim.

 

Ia menyebutkan, bahwa peserta terlihat antusias ketika dibekali keterampilan videografi dan melakukan praktek langsung. Antusiasme tersebut diwujudkan dengan khidmatnya acara yang dibimbing langsung oleh pemateri, yakni Mutmainah dari Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Sidoarjo dan Wakil Ketua I PAC Fatayat NU Buduran Yuyun Suudah.

 

“Alhamdulillah, semua peserta terlihat antusias. Diharapkan usai pelatihan ini kader Fatayat NU Buduran bisa membuat video, yang nantinya akan diikutkan pada lomba Hari Santri 2021 PC Fatayat NU Sidoarjo Oktober mendatang,” jelas Mutoyibah.

 

Sementara itu Yuyun Suudah dalam paparannya menyebutkan, bahwa Kinemaster adalah salah satu aplikasi membuat video terbaik. Karena disitu menawarkan berbagai macam fitur menarik untuk menjadikan video menjadi keren dan estetik.

 

“Semoga ilmu yang diberikan bermanfaat serta dapat dipergunakan untuk hal-hal yang positif. Insyaallah, ke depan kami akan memperdalam pembuatan video tersebut agar lebih kreatif lagi,” tegas perempuan yang juga sebagai Koordinator Litbang PC Fatayat NU Sidoarjo itu.

 

Di samping itu, Muntiin salah satu peserta pelatihan utusan PR Fatayat NU Wadungasih mengapresiasi atas dilaksanakannya pelatihan videografi tersebut. Ia pun merasa senang dan bangga telah mengikuti kegiatan tersebut.

 

 

“Saya merasa sangat senang dan bangga karena bisa mengikuti pelatihan ini. Karena dari pelatihan keterampilan videografi tersebut. Hal ini merupakan ujuan ini kita punya Hal tersebut karena bisa membuat video yang di medsoskan terutama terkait kegiatan Fatayat NU di lingkungan sekitar,” ujarnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru