• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Metropolis

Fatayat NU di Sidoarjo Jalin Kerja Sama Bidang Kesehatan dengan Puskesmas

Fatayat NU di Sidoarjo Jalin Kerja Sama Bidang Kesehatan dengan Puskesmas
Pengurus PAC Fatayat NU Buduran, Sidoarjo saat silaturahim dengan Kepala Puskesmas setempat. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Pengurus PAC Fatayat NU Buduran, Sidoarjo saat silaturahim dengan Kepala Puskesmas setempat. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Buduran, Kabupaten Sidoarjo bersilaturahim kepada dr Yoppy Agung selaku Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat, Jumat (06/08/2022). Agenda tersebut dipusatkan di Jl Jawa No 2, Banarmelati, Wadungasih kecamatan/kabupaten setempat.


Pertemuan ini bertujuan memperkenalkan para pengurus PAC Fatayat NU Buduran kepada pihak Puskesmas. 


“Alhamdulillah setelah dilantik Sabtu  18 Juni 2022 lalu, kami melakukan konsolidasi dengan beberapa pihak selain dengan internal NU. Beberapa hari yang lalu kami memperkenalkan pengurus ke Camat, hari ini ke Puskesmas,” kata Siti Mutoyibah Ketua PAC Fatayat NU saat dihubungi NU Online Jatim. 


Dijelaskan, PAC Fatayat NU Buduran ingin mensinergikan serta bekerja sama terkait program bidang kesehatan dan lingkungan hidup dengan Puskesmas. Nantinya akan ada program edukasi stunting di bebera pesantren. 


“Diterima dengan baik terkait keinginan kami mengadakan edukasi stunting di  Pondok Pesantren yang ada di Buduran dangan sasaran perwakilan santriwati yang ada di Ponpes Al Khoziny, Al-Falah dan Al-Hamdaniyah. Nantinya narasumber sosialisasi kolaborasi antara dari pihak Puskesamas dan PAC Fatayat NU Buduran,” tuturnya. 


Siti Mutoyibah senang karena program yang diajukannya diterima pihak Puskesmas. Jalilan kerja sama dengan Pukesmas diyakini akan membawa kemaslahatan yang besar bagi masyarakat khususnya Nahdliyin. Pasalnya ranah kesehatan masih jarang tersentuh dalam program-program NU. 


“Dalam waktu dekat ini kami di  bidang kesehatan dan lingkungan hidup akan membantu Dinas Kesehatan dalam mensosialisasikan Pekan Bulan Imunisasi Anak (BIAN),” ucapnya. 


Sebelumnya dengan Pemerintah Kecamatan, Fatayat NU Buduran telah diberi  wewenang untuk mengkoordinir pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP. 


“Alhamdulillah sampai saat ini PAC Fatayat NU Buduran berkembang cukup baik dan akan selalu bekerja sama dangan berbagai Pemerintahan Dinas untuk kemaslahatan umat,” ucapnya. 


Di bulan Agustus ini, Fatayat NU Buduran akan mengikuti sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS). Sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat di Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Sidoarjo.


Editor:

Metropolis Terbaru