• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Juni 2022

Metropolis

Film ‘Zaid’ Karya Santri di Bawean Juara Tingkat Nasional

Film ‘Zaid’ Karya Santri di Bawean Juara Tingkat Nasional
Flyer Film Pendek 'Zaid' karya Santri Pondok Pesantren Hasan Jufri Bawean, Gresik. (Foto: NOJ/ Aminuddin)
Flyer Film Pendek 'Zaid' karya Santri Pondok Pesantren Hasan Jufri Bawean, Gresik. (Foto: NOJ/ Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim

Film pendek berjudul ‘Zaid’ karya santri Pondok Pesantren Hasan Jufri Bawean, Kabupaten Gresik dinobatkan sebagai juara terbaik ke-3 tingkat Nasional. Ia berhasil menyisihkan 72 karya yang diikutkan dalam kompetisi yang digelar Pengurus Pusat (PP) Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) untuk memeriahkan Hari Santri 2021.

 

"Alhamdulillah, kami sangat senang dan bahagia melihat para santri yang mempunyai bakat dan kreatifitas dalam pembuatan film pendek," ungkap Pengasuh Pondok Pesantren Hasan Jufri Bawean, Gus Najahul Umam, Ahad (31/10).

 

Gus Umam menyampaikan, di era digital saat ini konten-konten positif yang diproduksi oleh santri sangatlah dibutuhkan. Hal tersebut untuk memberikan tontonan yang layak kepada masyarakat, khususnya anak-anak.

 

Pihaknya berharap, agar ke depan santri lebih semangat dan giat dalam menyalurkan kreatifitasnya di dunia film. Dirinya mengaku akan terus mendukung hal tersebut yang tidak lain untuk proses dakwah di media.

 

“Di sisi lain juga sebagai peyeimbang tontonan-tontonan yang kurang memberikan pendidikan," tegas alumni Pondok Pesantren Dalwa Bangil ini.

 

Disebutkan, Film yang dibintangi Romi  sebagai Zaid dan Vieri sebagai Amar ini berisi tentang sikap kepedulian kepada sesama dan memotivasi santri untuk terus semangat belajar.

 

“Khususnya kepada para santri yang jauh dari keluarga dalam menuntut ilmu,” ungkapnya.

 

Eky Arisandi selaku kreator video dalam film tersebut menjelaskan, bahwa dirinya mengangkat film yang berjudul ‘Zaid’ tersebut karena diketahui Zaid adalah nama yang sangat familiar dalam kitab nahwu.

 

“Oleh karena itu, untuk menambah nuansa kesantrian, maka kami angkat judul tersebut,” jelasnya.

 

Pihaknya mengaku tidak menyangka akan mendapatkan juara dalam ajang terseebut. Mengingat, peserta lain kualitasnya sangat bagus, baik dari segi alur cerita maupun editing.

 

“Tapi alhamdulillah, berkat kerja keras tim dan dukungan dari semua pihak sehingga membuahkan hasil yang memuaskan,” pungkasnya.

 

Penulis: Aminuddin


Metropolis Terbaru