• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Metropolis

Gelar Lakmud, IPNU-IPPNU Unesa Diingatkan Trilogi Organisasi

Gelar Lakmud, IPNU-IPPNU Unesa Diingatkan Trilogi Organisasi
Kegiatan Lakmud oleh PKPT IPNU-IPPNU Unesa. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Kegiatan Lakmud oleh PKPT IPNU-IPPNU Unesa. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengadakan kegiatan Latihan Kader Muda (Lakmud). Kegiatan tersebut dipusatkan di Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Porong, Sidoarjo, Kamis-Ahad (04-07/08/2022).


Ketua PKPT IPPNU Unesa Zaemita Wahidatul Farida mengatakan, sebagai kader NU yang sekaligus mahasiswa, kader IPNU-IPPNU hendaknya menerapkan trilogi organisasi, baik di lingkungan kampus atau dalam kehidupan sehari-hari.


“Pertama yaitu belajar. Karena hidup kita dimulai dengan belajar atau education long life,” katanya kepada NU Online Jatim, Senin (08/08/2022) malam.


Kedua, yaitu berjuang. Hal ini bermakna dalam hidup manusia senantiasa dituntut untuk berjuang atau life is struggle. Ketiga, yang paling penting yaitu senantiasa bertakwa kepada Allah dengan melaksanakan kewajiban dan menjauhi segala larangan-Nya.


Ia menuturkan, salah satu tujuan diadakannya Lakmud yaitu sebagai wadah pengembangan softskills dan potensi diri kader PKPT IPNU-IPPNU Unesa. “Sebab, melalui Lakmud kader IPNU-IPPNU dilatih untuk mengaktualisasikan dirinya dalam mewujudkan semangat trilogi organisasi,” ucapnya.


Zaemita menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut diawali dengan ziarah ke makam KH Mohammad Bahruddin Kalam yang diikuti seluruh panitia dan peserta. Hal itu dilakukan dengan harapan agar Lakmud berjalan lancar dan membawa keberkahan untuk semua.


Ia menambahkan, kegiatan kaderisasi tingkat dua tersebut diikuti sebanyak 27 kader. Menurutnya, semua peserta yang mengikuti adalah kader terbaik yang telah lolos pada tahapan screening.


“Sebanyak 16 macam materi disampaikan dalam kegiatan ini. Materi-materi itu disampaikan secara indoor dan outdoor agar peserta mendapat suasana baru, sehingga pikiran tetap fresh dan bisa memahami materi dengan maksimal,” ujarnya.


Pihaknya mengaku senang karena Lakmud tersebut mendapat apresiasi yang tinggi dari Khoirul Anwar selaku Pembina PKPT IPNU-IPPNU Unesa. Dosen Fakultas Ekonomi itu menilai kegiatan tersebut sangat penting untuk mahasiswa.


“Alhamdulillah, pada pembukaan Lakmud juga dihadiri oleh Ketua MWCNU Porong, Ketua Muslimat NU Porong, Ketua Fatayat NU Porong. Selain itu, ada perwakilan PC IPNU-IPPNU Surabaya, PC IPNU-IPPNU Sidoarjo, dan Ketua PAC IPNU-IPPNU Porong,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru