• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Metropolis

Hadirkan Gus Reza, Desa Tebuwung Gresik Gelar Sedekah Bumi

Hadirkan Gus Reza, Desa Tebuwung Gresik Gelar Sedekah Bumi
Pelaksanaan sedekah bumi Desa Tebuwung, Dukun, Sidoarjo, dengan pengajian umum oleh Guz Reza. (Foto: NOJ/ M Syafik Hoo)
Pelaksanaan sedekah bumi Desa Tebuwung, Dukun, Sidoarjo, dengan pengajian umum oleh Guz Reza. (Foto: NOJ/ M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim

Di sejumlah daerah di Jawa Timur, sedekah bumi atau dekahan merupakan hal yang lumrah dilakukan untuk mensyukuri nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada hambanya. Seperti yang diadakan oleh warga Desa Tebuwung, Kecamatan Dukun, Gresik, Rabu-Kamis (23-24/03/2022).


Beberapa agenda dilaksanakan pada kegiatan ini. Di antaranya, Haul Desa, Khatmil Qur’an, pembacaan shalawat, pengajian umum, dan lain sebagainya. Menariknya, pengajian umum tersebut mendatangkan KH Reza Ahmad Zahid atau Gus Reza, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah, Lirboyo, Kediri.


Dalam kesempatan ini, Gus Reza mengajak kepada warga desa setempat agar selalu berprasangka baik atau husnudzon kepada Allah SWT dan sesama manusia.


“Insyaallah, dengan berprasangka baik hidup kita akan berkah baik di dunia maupun akhirat,” ujar Gus Reza.


Katib Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu juga mengajak, agar Nahdliyin terus mempersiapkan diri, khususnya secara fisik, dala menghadapi bulan suci Ramadhan yang pelaksanaannya tinggal hitungan jari.


“Hal tersebut agar ibadah di bulan Ramadhan dapat terlaksana dengan baik, serta dalam kondisi tubuh yang prima,” imbuhnya.


Sementara Kepala Desa Tebuwung, Hita’ Wajdi mengatakan, bahwa sedekah bumi merupakan bagian merawat dan menjaga tradisi desa yang sudah diwariskan oleh para sesepuh kepada generasi saat ini.


“Serta, sebagai bentuk rasa syukur atas kenikmatan, kesehatan dan panen hasil bumi melimpah yang diberikan oleh SWT,” katanya.


Di samping itu, tujuan lainnya ialah agar agar masyarakat desa setempat tetap guyub rukun dalam kebersamaan, serta mendapat keberkahan dari Allah SWT. "Alhamdulillah, semoga ini dapat terus kita pertahankan dan lakukan secara istiqamah di tahun-tahun yang akan datang,” ungkapnya.
 


Diketahui, acara ini dihadiri oleh Pengasuh Pesantren Al-Karimi Tebuwung KH Abd Muhshi, Pengasuh Pesantren Darussalam KH Nur Sholeh Hasyim, Ketua MWCNU Dukun KH Moh Sholeh, Ketua Pengurus Ranting NU Tebuwung KH Amin Syam. Hadir pula aparat keamanan, tokoh masyarakat dan warga setempat.


Metropolis Terbaru