• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Metropolis

Halal Bihalal, NU di Sidoarjo Bangun Sinergi dengan Puluhan Kades

Halal Bihalal, NU di Sidoarjo Bangun Sinergi dengan Puluhan Kades
Momen halal bihalal dan silaturahim MWCNU Wonoayu, Sidoarjo bersama puluhan kepala desa setempat, Sabtu (20/04/2024). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Momen halal bihalal dan silaturahim MWCNU Wonoayu, Sidoarjo bersama puluhan kepala desa setempat, Sabtu (20/04/2024). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Keluarga besar Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo menggelar halal bihalal dan silaturahim dengan puluhan Kepala Desa (Kades) setempat. Kegiatan tersebut dipusatkan di Kedai Sport Wonoayu, Sidoarjo, Sabtu (20/04/2024) malam.

 

Rais MWCNU Wonoayu, Kiai Chusnul Ma’arif dalam kesempatan tersebut menuturkan, acara halal bihalal ini perlu diadakan untuk menjaga kerukunan dan hubungan baik dengan sesama. Dirinya mengingatkan agar tradisi yang baik ini tetap dilestarikan.

 

“Acara halal bihalal, bagaimanapun bentuknya, kita harus tetap mengadakannya. Dalam acara ini mari kita saling mendoakan kepada Allah agar diberikan kebahagiaan, anak cucu kita dijadikan keturunan yang saleh dan salehah,” tuturnya.

 

Sementara itu, Ketua MWCNU Wonoayu, H Anas Dimyati mengatakan, tradisi halal bihalal ini rutin dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan untuk merajut ukhuwah wathaniyah (ikatan persaudaraan yang dilandasi atas kesamaan negara).

 

Selain itu, juga untuk membangun sinergi antara MWCNU Wonoayu dengan Kades se-Kecamatan Wonoayu.

 

“NU punya umat dan Kades juga punya warga yang mayoritas Nahdliyin, obyeknya sama. Kalau kita tidak sinkron dengan kades, kegiatan yang diadakan NU menjadi kurang maksimal. Tapi kalau kita melibatkan kades, kegiatan NU akan bisa lebih maksimal,” kata Abah Anas, sapaan akrabnya, kepada NU Online Jatim.

 

Lebih lanjut, pria nyentrik berambut gondrong tersebut mengungkapkan, di wilayah Kecamatan Wonoayu terdapat sebanyak 23 desa. Adapun kades yang turut hadir di acara halal bihalal ini sekitar 18 orang, termasuk ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kecamatan Wonoayu.

 

“Alhamdulillah, acara ini sebagian biayanya juga berasal dari sumbangan para kades. Harapannya, MWCNU Wonoayu ke depan kadernya bertambah banyak dan seluruh ranting NU maupun badan otonom (banom) tidak kesulitan untuk menjalankan program organisasi, karena dukungan dari bapak kades,” ungkapnya.

 

Di sisi lain, Sekretaris Camat (Sekcam) Wonoayu, Anwar, mengapresiasi acara halal bihalal yang diadakan MWCNU Wonoayu tersebut. Menurutnya, banyak sekali kegiatan sosial dan keagamaan yang telah diselenggarakan MWCNU Wonoayu, khususnya selama bulan suci Ramadhan kemarin.

 

“Luar biasa MWCNU Wonoayu, saat bulan suci Ramadhan ada kegiatan safari Ramadhan, kemudian dilanjutkan santunan anak yatim yang juga disupport oleh FKKD Wonoayu,” ujarnya.

 

Acara halal bihalal ini dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka), segenap pengurus MWCNU beserta banom dan lembaga, Ketua FKKD, Kades se-Kecamatan Wonoayu, serta tamu undangan lainnya.


Metropolis Terbaru