• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Malang Raya

NU di Malang Luncurkan TAJmart, TAJorganik, dan NU Pakis TV

NU di Malang Luncurkan TAJmart, TAJorganik, dan NU Pakis TV
Pemotongan pita sebagai peluncuran TAJmart, TAJorganik, NU Pakis TV di Kantor MWCNU Pakis, Malang.(NOJ/Moch. Miftachur Rizki)
Pemotongan pita sebagai peluncuran TAJmart, TAJorganik, NU Pakis TV di Kantor MWCNU Pakis, Malang.(NOJ/Moch. Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim
Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pakis Kabupaten Malang memiliki kado spesial dalam rangka hari lahir ke-96 NU. Hal itu dibuktikan dengan peluncuran TAJmart, TAJorganik, NU Pakis TV dari 3 lembaga di Kantor MWCNU setempat, Senin (31/01/2022).
 

Bupati Malang, HM Sanusi yang menghadiri peresmian tersebut secara simbolis memotong pita sebagai tanda diluncurkannya TAJmart, TAJorganik, NU Pakis TV MWCNU Pakis.
 

"NU kan ada dua sisi. Seperti di antaranya NU membangun manusia yang berakhlakul karimah serta mengembangkan ekonomi keumatan. Nantinya kami juga akan memfasilitasi dan dari segi teknis dan juga dari pendanaan," katanya.
 

Alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Gondanglegi tersebut juga mengatakan bahwa NU sudah melakukan sinergi yang luar biasa dengan Pemerintah Kabupaten Malang.
 

"Ya, sudah banyak. Oleh karena itu nanti saya dorong di Kabupaten Malang melalui ekonomi mandiri, ekonomi kerakyatan, dan masing-masing bergerak melalui koperasinya maupun wadah NU untuk mengembangkan perekonomian," ungkapnya.
 

Sementara itu, Ketua MWCNU Pakis, Junaedi, mengatakan dalam rangka menyambut satu abad NU ini pihaknya mendedikasikan peluncuran dari tiga lembaga yang ada.
 

"Seperti halnya, Tajmart dari Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama atau LPNU, ada TAJorganik dari Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama yakni LPPNU, sama NU Pakis TV dari Lembaga Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama atau LTNNU yang dilaunching," katanya.
 

Ia juga menjelaskan bahwa TAJmart sesungguhnya merupakan implementasi dari nawa cita pendiri Kantor MWCNU Pakis.
 

"Keinginannya dulu 3 tingkat, pertama pertokoan, kedua aula, dan ketiga perkantoran. Baru kami bisa wujudkan hari ini. TAJmart ini juga merupakan bentuk keseriusan khidmat kami untuk NU, semoga setelah ini bangunan ini bisa terealisasi menjadi 3 lantai," harapnya.
 

Junaedi juga menjelaskan maksud yang terkandung dalam simbol TAJmart.
 

"Tali jagat itu merupakan simbol persatuan. Sedangkan, bintang sembilan menggambarkan akan ruh NU yang harus nampak betul serta NU yang hadir dekat dengan masyarakat," jelasnya.
 

Tak hanya itu, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar, berharap dalam rangka harlah agar NU semakin bersatu, kian berkembang dan terus merakyat.
 

"Tentunya NU jika ingin semakin dicintai umat serta mendapatkan dukungan dari semua pihak maka terus berbenah, dan bisa membaur di forum internasional dengan segala heterogenitasnya," tuturnya.
 

Kiai Marzuki juga menambahkan jika hal tersebut bisa terealisasi maka NU bisa berkiprah di sektor bersama agama apa pun.
 

"Itu merupakan wujud kongkret, supaya NU dapat mengejawantahkan nilai-nilai dari rahmatan lil alamin," tutupnya.


Editor:

Malang Raya Terbaru