• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 9 Desember 2022

Metropolis

Harlah LP Ma’arif NU, Madrasah se-Sidoarjo Serentak Gelar Khatmil Quran

Harlah LP Ma’arif NU, Madrasah se-Sidoarjo Serentak Gelar Khatmil Quran
Khatmil Quran serentak madrasah se-Sidoarjo peringati hari lahir LP Ma'arif NU ke-92. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah).
Khatmil Quran serentak madrasah se-Sidoarjo peringati hari lahir LP Ma'arif NU ke-92. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Siswa-siswi madrasah dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Sidoarjo melaksanakan Khatmil Qur’an. Kegiatan ini dilakukan secara serentak di lingkungan madrasah masing-masing, Sabtu (18/09/2021).

 

Acara ini diinisiasi Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Sidoarjo yang tertuang dalam surat nomor PC/052/A/-6/IX/2021 tentang Instruksi Penyelenggaraan Hari Lahir LP Ma’arif ke-92. Instruksi ini menindak lanjuti surat yang sama dari Pengurus Wilayah (PW) LP Ma’arif NU Jatim dengan nomor: PW/076/A-6/IX/2021.

 

Ketua LP Ma’arif NU Sidoarjo, H Misbahudin mengatakan acara ini merupakan cara menghidupkan kembali rutinan madrasah atau sekolah di awal pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

 

“Kegiatan Khatmil Qur’an ini merupakan program rutin madrasah atau sekolah di bawah naungan LP Ma’arif NU Sidoarjo. Tujuannya untuk mengistiqamahkan kembali gerakan senang membaca Al-Qur’an,” ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Ia menyebutkan, program-program yang dicanangkan LP Ma’arif NU Sidoarjo tidak hanya sebatas itu. Ada banyak program lain yang muaranya pada peningkatan SDM Nahdliyin. Salah satunya ialah program kerjasama dengan LP Ma’arif NU Pasuruan, yakni Numerasi-Literasi.

 

“Mulai awal Oktober nanti akan dilaksanakan belajar Literasi di Pasuruan dan belajar Numerasi di Sidoarjo, yang masing-masing dilaksanakan selama dua hari. Selanjutnya, tim numerasi dan literasi tersebut didesminasikan ke madrasah se-Sidoarjo,” jelas H Misbah.

 

Kemudian nantinya akan disusul dengan gerakan mensukseskan akreditasi perpustakaan di sekolah atau madrasah di bawah naungan LP Ma’arif Sidoarjo.

 

“Kegiatan ini sudah diawali dengan beberapa pendampingan demi persiapan akreditasi perpustakaan tersebut,” jelasnya.

 

Penulis: Boy Ardiansyah

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru