• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Metropolis

Jelang Arus Balik Lebaran, Perhatikan Tips Berikut Ini

Jelang Arus Balik Lebaran, Perhatikan Tips Berikut Ini
Mudik. (Foto: NOJ/uinsgd)
Mudik. (Foto: NOJ/uinsgd)

Surabaya, NU Online Jatim
Mudik merupakan kegiatan pulang ke kampung halaman yang dilakukan oleh para perantau. Kegiatan ini merupakan tradisi tahunan yang sangat identik dengan perayaan hari raya, salah satunya Idul Fitri.


Jelang arus balik mudik lebaran kali ini, Sekretaris Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LK PBNU) dr Citra Fitri Agustina mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum melakukan perjalan kembali ke daerah rantau dari kampung halaman.


Pertama, menjaga kondisi fisik. Sebelum melakukan perjalanan, dr Citra mengimbau masyarakat untuk bisa mengonsumsi makanan sehat. Hal ini untuk menjadikan tubuh tetap prima dalam perjalanan. 


“Terus tingkatkan daya tubuh kita. Makan makanan bergizi, minum air putih yang banyak,” katanya saat ditemui NU Online di Gedung PBNU, beberapa saat lalu. 


Kedua, memenuhi kebutuhan tidur. Pola tidur yang baik senantiasa dapat meningkatkan kualitas tidur.

"Hal ini sangat penting dipersiapkan bagi seseorang yang hendak bepergian, utamanya dengan jarak tempuh yang jauh," terangnya.


Ketiga, membawa kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Membawa kotak P3K, sambung dokter Citra, merupakan salah satu upaya preventif untuk mengatasi kondisi darurat.

"Selain itu, obat-obatan bagi penderita penyakit tertentu juga perlu disiapkan," pungkasnya.


Metropolis Terbaru