• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Metropolis

Kepala Kemenag Jatim Minta Sinergi antara MTs dan MA

Kepala Kemenag Jatim Minta Sinergi antara MTs dan MA
Paparan Kepala Kemenag Jatim. (Foto: NOJ/Boy)
Paparan Kepala Kemenag Jatim. (Foto: NOJ/Boy)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Dua Madrasah di Sidoarjo mendapat pembinaan secara langsung dari  Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag)  Provinsi Jawa Timur (Jatim), H Husnul Maram.  Dua madrasah tersebut yakni Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSn) 1 dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN)  Sidoarjo pada Selasa (14/06/2022).

 

Pria yang baru saja dilantik menjadi sekretaris mejelis pertimbangan IKA PMII Jatim masa khidmat 2022-2027 itu memberi pembinaan kepada para guru MTsN 1 di Auditorium Hasan Al Basri  Jl. Stadion No.150, Kemiri, Kecamatan/kabupaten setempat. Husnul pada pertemuan tersebut membahas tentang sinergi atau kerja sama madrasah dengan pihak lain.

 

"Alangkah baiknya jika output MTs ini dapat diterima di MA. Jika tidak, tentu para siswa madrasah akan lebih memilih untuk melanjutkan di sekolah umum," terangnya.

 

Keinginan sinergi antar madrasah tersebut tentu saja memerlukan adanya kerja sama yang konkrit antara kedua belah pihak. Menurut Husnul, di MTs banyak siswa berprestasi.

 

"Oleh karena itu saya meminta kepada para guru untuk mengarahkan dan meyakinkan siswa berprestasi di MTs untuk tidak ragu melanjutkan di MA," terangnya.

 

Husnul dalam kesempatan ini juga tidak lupa mengingatkan para guru agar tidak berhenti mendoakan para siswanya.

 

"Peran guru selain mengajar siswa, juga mendoakan anak didiknya supaya menjadi anak yang sholih sholihah serta generasi yang sukses di dunia dan akhirat," ucapnya.

 

Saat berkunjung ke MAN Sidoarjo, Husnul juga menyampaikan pentingnya sinergi antar lembaga MA dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Dirinya menuturkan harapannya supaya anak beprestasi di MAN Sidoarjo dapat melanjutkan ke PTKIN setelah lulus.

 

“Insyaallah akan diupayakan untuk kemudahan dalam memasuki PTKIN bagi siswa beprestasi bahkan beasiswa," tuturnya.


Metropolis Terbaru