• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Metropolis

Ketua NU Sidoarjo Ajak Nahdliyin Sukseskan Vaksinasi Booster

Ketua NU Sidoarjo Ajak Nahdliyin Sukseskan Vaksinasi Booster
Ketua PCNU Sidoarjo, KH Zainal Abidin (baju hitam), saat meninjau vaksinasi di Pendopo Balai Desa Masanganwetan, Sukodono, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Ketua PCNU Sidoarjo, KH Zainal Abidin (baju hitam), saat meninjau vaksinasi di Pendopo Balai Desa Masanganwetan, Sukodono, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo, KH Zainal Abidin mengajak seluruh Nahdliyin untuk turut menyukseskan program vaksinasi booster yang dicanangkan oleh pemerintah.


Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri pelaksanaan vaksinasi booster jenis AstraZeneca yang digelar di Pendopo Balai Desa Masanganwetan, Sukodono, Sidoarjo, Selasa (26/04/2022) malam.


“Kami mengajak kader-kader dan warga Nahdlatul Ulama (NU) yang belum vaksin booster, kita bersama-sama melakukan vaksin. Karena bagaimanapun ini adalah bagian dari antisipasi agar kekebalan tubuh menjadi kuat,” tuturnya kepada NU Online Jatim.


Kiai Zainal menegaskan, vaksinasi booster ini merupakan program nasional. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sendiri juga telah menginisiasi untuk melakukan kerja sama dengan Polri dan Kementerian Agama (Kemenag).


“Maka, pengurus NU di level cabang juga harus menyambutnya dengan baik dan berikhtiar semaksimal mungkin agar pelaksanaan vaksinasi ini terus berjalan sampai kemudian bisa memenuhi target secara nasional,” tegasnya.


Dijelaskannya, dalam pelaksanaan vaksinasi booster di Kabupaten Sidoarjo, PCNU Sidoarjo bekerja sama dengan Polresta dan Kemenag Sidoarjo. Adapun capaian per tanggal 16 April 2022 sudah mencapai angka 15 ribu dosis yang telah disalurkan.


“Vaksinasi ini akan terus kita giatkan, beberapa hari ke depan juga terus dilaksanakan vaksinasi. Target kita mudah-mudahan bisa sampai di angka 20 ribu dosis. Untuk selanjutnya, vaksinasi akan dilaksanakan di Kecamatan Waru dan Buduran,” jelasnya.


Menurutnya, Nahdliyin di Sidoarjo cukup antusias mengikuti program vaksinasi booster. Hal tersebut karena adanya sosialisasi yang cukup masif dan baik yang dilakukan oleh semua kekuatan kader dan badan otonom (banom) NU di akar rumput.


“Karena menyadarkan masyarakat kita untuk mau mengikuti vaksin booster ini kan juga kadang-kadang kesulitan. Alhamdulillah, jaringan kita di kaderisasi NU cukup bagus, akhirnya bisa menyadarkan mereka bahwa ini adalah untuk kepentingan bangsa, jamaah dan jamiyah,” ungkapnya.


Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Masanganwetan H Budiono mengatakan, pihaknya menyambut baik serta mendukung pelaksanaan vaksinasi booster ini karena sangat bermanfaat bagi masyarakat.


“Begitu ditunjuk kami langsung siap, apalagi penyelenggaranya PCNU. Malam ini tembus sekitar 400 dosis, kalau tidak dibatasi mungkin bisa lebih dari 500 orang peserta,” kata Ketua paguyuban Kades se-Kecamatan Sukodono tersebut.


Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Sidoarjo Iqbal Faizin, Camat Sukodono H Ali Sarbini, dan Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sukodono H Fathul Ibad.


​​​​​​​Diketahui, tim medis yang bertugas dalam giat vaksinasi booster berasal dari sejumlah unsur. Meliputi, Polresta Sidoarjo, Puskesmas Sukodono, Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar dan bidan desa setempat.


Metropolis Terbaru