• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 29 November 2022

Metropolis

Ketua PCNU Buka Pekan Raya Bawean

Ketua PCNU Buka Pekan Raya Bawean
Kiai Muhammad Fauzi Ra'uf, Ketua PCNU Bawean membuka Pekan Raya Bawean. (Foto: NOJ/ Aminuddin)
Kiai Muhammad Fauzi Ra'uf, Ketua PCNU Bawean membuka Pekan Raya Bawean. (Foto: NOJ/ Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bawean Kiai Muhammad Fauzi Ra'uf membuka Pekan Raya Bawean. Kegiatan ini dipromotori oleh Badan Pengembangan Pariwisata Pulau Bawean (BP2B) dalam menyongsong Pekan Raya Bawean ke-1 dan Hari Besa Bawean (HBB) ke-421.


Kegiatan yang bertempat di wisata pantai Mombhul, Desa Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura ini berlangsung pada Selasa-Rabu (07-15/06/2022).


Dalam pembukaan tersebut, Kiai Fauzi didampingi Forkopimcam Sangkapura, Perwakilan PC Muhammadiyah Bawean, Direktur Pertamina Gresik Arif, Perwakilan Direktur BRI Sangkapura, Ketua Pelaksana Abdul Halim dan dihadiri Kepala Desa se-Bawean.


"Alhamdulillah dalam kegiatan MTQ XXX Kabupaten Gresik, Kecamatan Sangkapura mendapatkan juara umum ke-2. Maka kegiatan ini bagian dari bentuk syukur kita yang merupakan kegiatan pertama kalinya, dan kami sudah melakukan izin kepada Forkopimcam Sangkapura bahwa kegiatan ini sengaja kami adakan hanya untuk warga Bawean dan bukan komersial," ungkap Ketua Pelaksana, Abdul Halim.


Ia juga menyampaikan, kegiatan ini merupakan perdana dan masih uji coba. Maka ia berharap dengan kegiatan yang besar bisa memberikan hiburan kepada warga Bawean, utamanya dalam memulihkan ekonomi masyarakat.


"Kenapa ada istilah Pekan Raya Bawean? Karena setelah pandemi Bawean bahkan serulur dunia terstop. Maka paska pandemi ini kami menunjukan bahwa Bawean tidak kalah dengan Indonesia secara nasional. Bawean harus bangkit lebih cepat. Alhamdulillah kemarin sudah didukung MTQ, sekarang ada pekan raya. Dan semoga kegiatan yang didukung oleh warga Bawean yang banyak ini sukses," harapnya.


Ia juga menjelaskan, kegiatan ini juga mengajak dan menggandeng para tokoh dan pengusaha, yang direspon baik oleh Persatuan Saudagar Bawean (PSB). 


"Sekali lagi kami ingin menekankan agar tidak terjadi fitnah, bahwa kegiatan ini hanya semata-mata untuk memberikan semangat kepada warga Bawean agar bangkit secara ekonomi, dan tidak melupakan adat istiadat. Dan saya berharap bagaimana Bawean itu hebat dan tetap bermartabat," tegasnya.


Kegiatan pekan raya ini sudah berlangsung sejak Jumat (03-05/06/2022) dimulai dengan event balap kalotok dan parade musik Bawean. Kemudian dilanjutkan festival kercengan se-Bawean Selasa-Kamis (07-09/06/2022), Bawean Idol Jumat-Ahad(10-13/06/2022) dan launching Odheng Bawean, Senin (14/06/2022).


Editor:

Metropolis Terbaru