• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 22 Februari 2024

Metropolis

Ketua PCNU Sidoarjo Ajak Nahdliyin Layani Maksimal Peserta Resepsi 1 Abad NU

Ketua PCNU Sidoarjo Ajak Nahdliyin Layani Maksimal Peserta Resepsi 1 Abad NU
Ketua PCNU Sidoarjo KH Zainal Abidin. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Ketua PCNU Sidoarjo KH Zainal Abidin. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo selaku tuan rumah terus melakukan sejumlah persiapan demi suksesnya acara resepsi puncak Hari lahir (Harlah) 1 Abad NU yang bakal digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada 7 Februari 2023 mendatang.


Penegasan tersebut disampaikan oleh Ketua PCNU Sidoarjo KH Zainal Abidin saat menghadiri peresmian Posko Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Satuan Koordinasi Kelompok (Satkorkel) Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, Senin (30/01/2023) malam.


“Hari ini kita mengadakan rapat koordinasi dengan semua pihak, termasuk Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) serta para kader NU mulai dari lembaga, banom NU, lembaga pendidikan, dan lainnya. Tujuannya untuk melakukan finalisasi. Meskipun belum final betul, setidaknya hari ini sudah mulai ada data-data yang masuk,” ujarnya kepada NU Online Jatim.


Adapun agenda pembahasan lainnya yakni tentang teknis pengaturan parkir kendaraan, pemberangkatan peserta, serta formula koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) terkait teknis pemberangkatan dan pengerahan massa yang ada di masing-masing MWCNU.


Menyinggung terkait kapasitas Stadion Gelora Delta Sidoarjo yang terbatas, dirinya menyebutkan bahwa warga Sidoarjo bukanlah sebagai tamu, melainkan menjadi shohibul bait (tuan rumah) yang memiliki kewajiban melayani tamu dengan baik.


“Kami selalu mengatakan bahwa kita ini bukan tamu, tapi kita ini adalah shohibul bait. Sehingga, meskipun kita warga Sidoarjo bukan berarti kemudian wajib masuk ke dalam stadion. Kita wajib melayani tamu yang datang dari luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri, dan itu harus kita layani semaksimal mungkin,” ucapnya.


Lebih lanjut, Kiai Zainal mengimbau semua lembaga seperti pesantren dan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan NU untuk dijadikan sebagai tempat transit atau singgah bagi para peserta resepsi 1 Abad NU yang datang dari luar kota.


“Antusias masyarakat Sidoarjo luar biasa, bahkan banyak masjid dan madrasah sudah dibuka lebar-lebar untuk menyambut tamu dari luar kota. Besok pagi kami akan berziarah ke makam para muassis dan muharrik NU di Sidoarjo sebagai ikhtiar rohani agar acara Resepsi 1 Abad NU berjalan sukses,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru