• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Metropolis

Kompak, Ansor dan Fatayat NU Sidoarjo Gelar Kampung Ramadhan

Kompak, Ansor dan Fatayat NU Sidoarjo Gelar Kampung Ramadhan
Pembukaan Kampung Ramadhan PC GP Ansor dan PC Fatayat NU Kabupaten Sidoarjo di Alun-alun kota setempat, Jumat (08/04/2022).(Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Pembukaan Kampung Ramadhan PC GP Ansor dan PC Fatayat NU Kabupaten Sidoarjo di Alun-alun kota setempat, Jumat (08/04/2022).(Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Semangat kekompakan ditunjukkan oleh Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo.
 

Kedua badan otonom (banom) NU ini sepakat memperingati Hari Lahir (Harlah) secara bersama-sama dengan menggelar Kampung Ramadhan. Kegiatan tersebut dipusatkan di Alun-alun Sidoarjo dan dibuka secara langsung oleh Bupati Sidoarjo H Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor, Jumat (08/04/2022) malam.
 

Dalam kesempatan ini, Gus Muhdlor mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Kampung Ramadhan yang diadakan oleh PC GP Ansor dan PC Fatayat NU Sidoarjo tersebut.
 

"Saya senang, hari ini wajah Ansor dan Fatayat sudah bertransformasi. Tidak hanya memikirkan tentang dakwah, tapi pemulihan ekonomi juga dipikirkan dan dikerjakan, tentu kegiatan ini sejalan dengan visi -misi kami 20 ribu UMKM Sidoarjo naik kelas," kata Bupati muda ini.
 

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo KH Zainal Abidin mengaku bangga atas kolaborasi PC GP Ansor dan PC Fatayat NU Sidaorjo yang diwujudkan melalui kegiatan Kampung Ramadhan ini.
 

"Saya yakin, dengan kolaborasi antar banom, dalam 10 hingga 15 tahun lagi masa depan NU akan semakin baik. Semoga ini menjadi inspirasi kita semua, bahwa NU tidak hanya mengurusi tahlilan dan manakib, tapi juga memiliki peran penting dalam menciptakan kemandirian ekonomi umat,” tuturnya.
 

Ketua PC GP Ansor Sidoarjo, H Rizza Ali Faizin mengungkapkan, pembukaan Kampung Ramadhan ini ditandai dengan pemberian santunan kepada sejumlah 88 anak yatim oleh PC GP Ansor Sidoarjo dan 72 anak yatim oleh PC Fatayat NU Sidoarjo.
 

“Angka tersebut dipilih sebagai penanda Harlah GP Ansor ke-88 tahun dan Fatayat NU ke-72 tahun. Kampung Ramadhan ini akan berlangsung selama 16 hari kedepan, tepatnya hingga tanggal 24 April mendatang pada momen hari lahirnya GP Ansor,” ungkap anggota DPRD Sidoarjo tersebut kepada NU Online Jatim.
 

Rizza menambahkan, di Kampung Ramadhan ini terdapat 18 stan bazaar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diisi oleh kader-kader muda NU dari 18 Kecamatan di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Selain itu, Kampung Ramadhan ini juga akan disemarakkan dengan acara munajat Nuzulul Qur'an menghadirkan dai milenial, Gus Miftah pada 17 April nanti.
 

"Setiap stan menjajakan produk-produk lokal yang menjadi ciri khas dari masing-masing kecamatan. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan ekonomi para pelaku UMKM pasca Pandemi Covid-19, terima kasih Gus Bupati yang telah mensupport acara ini," ujarnya.
 

Diketahui, acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Sidoarjo, perwakilan Dandim 08/16 dan Polresta Sidoarjo, Kementerian Agama (Kemenag), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Bakesbangpol Sidoarjo, serta tamu undangan lainnya.


Editor:

Metropolis Terbaru