• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Metropolis

LAZISNU di Sidoarjo Salurkan Santunan Pendidikan Anak Yatim

LAZISNU di Sidoarjo Salurkan Santunan Pendidikan Anak Yatim
UPZIS LAZISNU Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo menyerahkan santunan pendidikan kepada sejumlah anak yatim binaan dalam acara Haul Mbah Husen dan sesepuh Dusun Keling, Kamis (30/06/2022).(Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
UPZIS LAZISNU Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo menyerahkan santunan pendidikan kepada sejumlah anak yatim binaan dalam acara Haul Mbah Husen dan sesepuh Dusun Keling, Kamis (30/06/2022).(Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo menyalurkan santunan pendidikan bagi sejumlah anak yatim binaan, Kamis (30/06/2022) malam.


Santunan tersebut diserahkan dalam acara haul Mbah Husen dan sesepuh Dusun Keling yang dipusatkan di Masjid Badrul Hasan desa setempat.


Bahrul Ulum, selaku ketua panitia haul mengatakan, kegiatan haul ini rutin dilaksanakan setiap tahun meski sempat terhenti saat pandemi Covid-19 melanda.


“Dalam momen ini, kami sengaja menyerahkan santunan pendidikan bagi sekitar 25 anak yatim binaan sekaligus untuk syiar LAZISNU Desa Jumputrejo yang belum genap satu tahun terbentuk. Agar masyarakat mengetahui keberadaan LAZISNU dan program-programnya,” katanya kepada NU Online Jatim.


Lebih lanjut, Ketua UPZIS LAZISNU Desa Jumputrejo ini mengungkapkan, santunan yang diberikan berupa peralatan sekolah dan uang tunai masing-masing sebesar Rp100 ribu. Adapun sumber dananya berasal dari perolehan kaleng Koin NU.


“Kami telah menyebarkan kurang lebih 500 kaleng kepada masyarakat sekitar. Dalam dua bulan ini perolehannya mencapai Rp10 juta lebih per bulan.  Hasil kaleng Koin NU ini kita kelola untuk kemaslahatan umat terutama Nahdliyin, kami mohon dukungannya,” ungkapnya.


Dijelaskannya, selain santunan pendidikan, beberapa program telah terealisasi. Nemun demikian, masih banyak yang harus dievaluasi demi kemajuan UPZIS LAZISNU Desa Jumputrejo ke depan. Di antaranya santunan air mineral bagi warga yang sedang berduka, santunan dhuafa dan bencana.


“Kami juga mencanangkan program pembelian ambulans dan sudah ada donatur yang menyumbang, tapi kekurangannya masih banyak. Selain itu, kami juga berencana mengadakan khitan massal gratis dan santunan kesehatan. Terima kasih kepada Ketua NU ranting, takmir masjid, para donatur dan semua pihak yang telah mendukung kesuksesan acara ini, semoga barokah,” pungkasnya.


Diketahui, rangkaian acara haul tersebut diawali dengan pembacaan Tahlil dan Shalawat Nabi, dilanjutkan dengan mauidhoh hasanah oleh Bu Nyai Hj Mufidah Hafidz (Sidoarjo) dan Habib Musthofa Alaydrus (Tuban).


Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Jumputrejo, pengurus Ranting NU beserta lembaga dan badan otonom (banom), tokoh masyarakat, warga sekitar serta tamu undangan lainnya. 


Editor:

Metropolis Terbaru