• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Metropolis

LAZISNU Jatim Bagikan Wastafel Portabel untuk 100 Masjid

LAZISNU Jatim  Bagikan Wastafel Portabel untuk 100 Masjid
Tim LAZISNU Jatim membagikan secara simbolis bantuan wastafel portabel di Malang. (Foto: NU Care-LAZISNU Jatim).
Tim LAZISNU Jatim membagikan secara simbolis bantuan wastafel portabel di Malang. (Foto: NU Care-LAZISNU Jatim).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur (Jatim) membagikan wastafel portabel untuk 100 masjid secara berkala. Pembagian dimulai pada Selasa (01/02/2022). Program ini bertujuan untuk merespons mulai merebaknya Covid-19 varian Omicron.

 

“Kami mencoba mengingatkan kembali para jamaah saat di tempat ibadah untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan,” kata Moch Rofi'i Boenawi selaku Sekretaris PW LAZISNU Jatim saat dihubungi NU Online Jatim, Rabu (02/02/2022).

 

Alumni Pondok Pesantren Al-Khoziy Buduran, Sidoarjo ini menuturkan, salah satu protokol  kesehatan yang paling penting setelah memakai masker  adalah mencuci tangan. Untuk mencuci tangan dibutuhkan wastafel portabel.

 

“Nah, Masjid yang belum mempunyai wastafel portable ini kami berikan untuk dipergunakan jamaah cuci tangan,” terangnya.

 

Dengan ini diharap setiap jamaah masjid mencuci tangan guna mencegah penyebaran varian Omicron. Rofi'i berharap dengan tertib protokol kesehatan dalam waktu dekat varian Omicron melandai.

 

“Kita masih mencari apa saja yang sekiranya dibutuhkan mengantisipasi sebaran varian Omicron. Kalau pada gelombang dua kamarin banyak membutuhkan oksigen. LAZISNU mencoba untuk memfasilitasi oksigen untuk penangan Covid-19 kala itu,” terangnya.

 

Pada gelombang ketiga ini, lembaganya masih terus berikhtiar mencari apa yang dibutuhkan.  Dimungkinkan  salah satu yang dibutuhkan adalah vitamin.

 

Oleh karena itu, LAZISNU akan mencoba mengajak seluruh stakeholder untuk pengadaan vitamin. “Juga mengajak para donatur, aghniya untuk berdonasi pengadaan vitamin sebagai penangkal varian Omicron ini,” pungkasnya.

 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim  sampai saat ini telah mendeteksi delapan pasien yang konfirmasi varian Omicron. Seperti dilansir di dalam https://dinkes.jatimprov.go.id/. Dari delapan pasien yang terkonfirmasi positif Omicron, tiga orang sudah dinyatakan sembuh berdasarkan dua kali hasil polymerase chain reaction (PCR) negative.

  

“Penting sekali bagi kita untuk saling menjaga orang-orang terdekat agar tidak tertular COVID-19, terlebih dengan adanya varian Omicron saat ini. Jadi saya tegaskan kembali agar tetap jalankan protokol kesehatan 6M secara disiplin dan lakukan vaksinasi dosis lengkap untuk melindungi diri dan kebaikan kita bersama,” kata Erwin Astha Triyono selaku kepala Dinkes Jatim.


Editor:

Metropolis Terbaru