• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Metropolis

NU Peduli Semeru

LAZISNU Jatim Salurkan 500 Paket Sembako untuk Korban Erupsi Semeru

LAZISNU Jatim Salurkan 500 Paket Sembako untuk Korban Erupsi Semeru
Salah seorang warga menerima bantuan sembako dari LAZISNU Jatim. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)
Salah seorang warga menerima bantuan sembako dari LAZISNU Jatim. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (LAZISNU) Jawa Timur (Jatim) bersama Majelis Taklim Telkomsel membagikan 500 paket sembako kepada masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

 

“Bantuan itu kami berikan kepada mereka yang tempat tinggalnya menjadi korban lahar panas,” kata Moch Rofi'i Boenawi selaku Sekretaris PW LAZISNU Jatim kepada NU Online Jatim, Sabtu (08/01/2022).

 

Rofi'i menjelaskan, pihaknya menyalurkan bantuan sembako karena distribusi dari pemerintah kurang merata. Bantuan ini diberikan pasca banjir lahar dingin pada Kamis (06/01/2022). Sebab sejumlah masyarakat masih tinggal di wilayah zona merah.

 

“Banyak yang merasa lebih nyaman tinggal di rumah mereka yang masih utuh, tidak tertimbun atau tertutup abu vulkanik meski dalam katagori zona merah,” ujar pria yang juga menjadi dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Menganti, Gresik itu.

 

Rofi’i juga menyampaikan bahwa masyarakat tetap melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Namun karena ada erupsi susulan yang mengakibatkan banjir dan lahar dingin masyarakat kebingungan mencari makanan.

 

“Nah, LAZISNU Jatim hadir memeberikan bantuan kepada mereka  pada hari Kamis 09 Januari 2022 kemarin,” pungkasnya.

 

Dilansir dari Tirto.id, Gunung Semeru kembali mengalami dua kali gempa letusan atau erupsi dan lama gempa 65-70 detik yang terjadi pada periode pengamatan Kamis (06/01/2022) pukul 06:00-12:00 WIB. Selain gempa letusan, pada periode pengamatan tersebut juga terjadi dua kali gempa guguran.

 

Sebelumnya, pada Rabu (05/01/2022) Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari, dalam keterangan tertulisnya menginformasikan bawa  kembali meluncurkan Awan Panas Guguran (APG) pada Rabu (05/12/2022) pukul 08:35 WIB.

  

Pos Gunung Api Semeru Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat jarak luncur awan panas guguran tersebut mencapai 5.000 meter ke arah Besuk Kobokan dan Besuk Lengkong.


Editor:

Metropolis Terbaru