• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 7 Agustus 2022

Metropolis

Liga Santri akan Digelar, Jenderal Dudung Siapkan Fasilitas

Liga Santri akan Digelar, Jenderal Dudung Siapkan Fasilitas
Ilustrasi juara Liga Santri Nusantara 2019 cabor sepak bola. (Foto: NU Online)
Ilustrasi juara Liga Santri Nusantara 2019 cabor sepak bola. (Foto: NU Online)

Surabaya, NU Online Jatim

Kompetisi Liga Santri 2022 segera dimulai. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin rapat lanjutan mempersiapkan gelaran itu. Rapat membahas rencana teknis seluruh penyelenggaraan kompetisi bertajuk Piala KSAD Liga Santri PSSI Tahun 2022 tersebut.

 

Rapat persiapan Liga Santri itu juga dihadiri para Asisten KSAD, Kadisjasad dan Kajasdam, serta diikuti para Pangdam, Danrem dan Kajasdam di daerah melalui video conference. Dudung meminta seluruh Kodam, Korem maupun Kodim melakukan koordinasi untuk melaksanakan kegiatan Liga Santri mulai dari tingkat Kodim, Korem dan Kodam dimulai pada Juni 2022 mendatang.

 

"Tingkat nasional akan digelar pada September dan Oktober 2022. Untuk babak semi final dan final direncanakan digelar di Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta pada 22 Oktober 2022 bertepatan dengan Hari Santri Nasional," kata Dudung dalam keterangan resmi, dikutip dari Sindonews.com, Sabtu (12/02/2022).

 

Dudung mengingatkan agar Kodam, Korem dan Kodim dapat memberdayakan fasilitas, khususnya lapangan sepak bola untuk dibuka bagi masyarakat. Khusus santri yang hendak melakukan latihan dengan masyarakat TNI harus betul-betul memastikan keamanan.

 

"Dalam penyelenggaraan Liga Santri, KSAD menekankan agar memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan, serta tetap menjaga protokol kesehatan sehingga tidak menimbulkan kluster baru di tengah pandemi," tandasnya.

 

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa Liga Santri ini akan digelar dua pekan setelah Idul Fitri 2022. “Liga Santri ini akan memakan waktu empat sampai enam bulan. Jadi kami berharap tahun 2022 ini selesai,” ujar Iwan dikutip dari Kumparan.com.

 

Liga Santri ini boleh jadi tak cuma kompetisi 'senang-senang'. Sebab, PSSI akan mendatangkan para pencari bakat guna menemukan bibit-bibit masa depan Timnas Indonesia.


Metropolis Terbaru