• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 23 Mei 2022

Metropolis

MCK hingga Mushala Dibangun NU Gresik di Semeru

MCK hingga Mushala Dibangun NU Gresik di Semeru
Tim NU Gresik Peduli di lokasi pembangunan MCK dan Mushala di desa terdampak erupsi Semeru di Lumajang. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)
Tim NU Gresik Peduli di lokasi pembangunan MCK dan Mushala di desa terdampak erupsi Semeru di Lumajang. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim

NU Gresik Peduli turut bergerak membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Aksi nyata itu diwujudkan, di antaranya, dengan membangun MCK dan mushala di Zona 2 terdampak Semeru di Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo.

 

Tim NU Gresik Peduli yang bergerak diketuai Syaiful Kirom, didampingi Abdul Basith, Ketua LPBI NU Gresik, dan relawan lainnya. Di sana, mereka mengawal pembangunan dua MCK darurat di Dusun Gumukmas, Desa Supiturang. "Alhamdulillah, MCK ini kerap dipakai para pengungsi,” kata Abdul Basith kepada NU Online Jatim, Rabu (19/01/2022).

 

Tidak hanya MCK, di sana tim juga membangun mushala di lahan wakaf. “Kami memastikan pihak keluarga yang mewakafkan lahannya untuk mushala. Bila sudah pasti, pembangunan segera dimulai,” ungkap Syaiful Kirom.

 

Sementera itu, KH Mulyadi, Ketua PCNU Gresik, menyampaikan bahwa dana yang dibuat membangun MCK dan mushala adalah donasi dari Nahdliyin yang digalang oleh NU Gresik Peduli. Sementara ini, total dana yang terkumpul sebesar Rp836.937.500.

 

“Tidak menutup kemungkinan dana itu bertambah. Sampai saat ini gerakan nyata NU peduli masih terus bergerak,” ungkapnya.

 

Selain untuk MCK dan mushala, papar Kiai Mulyadi, sebagian dana tersebut juga dipakai untuk membangun hunian sementara atau huntara yang dilaksanakan oleh Pengurus Wilayah NU Jawa Timur. “Harapannya, fasilitas umum itu dapat dipakai warga sekitar," katanya.


Metropolis Terbaru