• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Metropolis

NU Jatim Lakukan Aksi Galang Donasi Peduli Gempa Cianjur

NU Jatim Lakukan Aksi Galang Donasi Peduli Gempa Cianjur
NU Jatim Lakukan Aksi Galang Donasi Peduli Gempa Cianjur. (Foto: NOJ)
NU Jatim Lakukan Aksi Galang Donasi Peduli Gempa Cianjur. (Foto: NOJ)

Surabaya, NU Online Jatim
Gempa yang melanda kawasan Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) lalu mengakibatkan ratusan korban meninggal dunia dan luka-luka. Merespons hal itu, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim melakukan penggalangan donasi untuk korban gempa bumi di Cianjur.


Aksi kemanusiaan tersebut menjadi amanah Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Jatim.


“PWNU Jatim melalui NU Care-LAZISNU dan LPBINU Jatim menggalang donasi untuk korban gempa bumi di kawasan Cianjur,” ujar Sekretaris LAZISNU Jatim Moch Rofi’i Boenawi, Selasa (22/11/2022).


Ia mengatakan, pihaknya mengajak dan melakukan koordinasi dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jawa Timur agar terlibat aktif dalam aksi kemanusiaan tersebut. Ajakan tersebut juga akan diteruskan kepada kepengurusan NU di akar rumput, yakni di desa-desa.


“Elemen masyarakat yang bersedia terlibat bisa bergabung atau berdonasi melalui NU di wilayah masing-masing,” terangnya.


Disebutkan, aksi penggalangan donasi tersebut dilakukan dengan beragam upaya. Di antaranya dengan melibatkan relawan di daerah masing-masing untuk turun langsung ke lapisan masyarakat, seperti ke pasar, jalan raya, hingga rumah penduduk.


“Selain itu, donasi juga dapat dilakukan secara online melalui rekening maupun di paltform kitabisa.com,” kata Rofi’i.


Dirinya menyebutkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan PCNU Cianjur guna mengetahui kebutuhan dan penyaluran bantuan dalam waktu dekat. Beberapa kebutuhan yang dibutuhkan dalam waktu cepat meliputi kebutuhan pokok seperti makanan hingga peralatan balita.


“Kebutuhan mendesak yang paling dibutuhkan di antaranya seperti makanan cepat saji, selimut, terpal atau alas, air bersih, peralatan bayi dan obat-obatan. Bantuan yang terkumpul nanti akan kami segera salurkan,” ungkapnya.


Sebagai informasi, bagi masyarakat yang akan berdonasi secara online dapat melalui rekening BSI 177 7777 757 a/n Lazisnu Jatim Infaq atau BCA 429 8624 999 a/n YAY Lazisnu Infaq, serta melakukan konfirmasi ke nomor 0896 3009 2626.


Metropolis Terbaru