• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Metropolis

Peringati Harlah Sidoarjo, Banom NU dan Organisasi Kepemudaan Gelar Baksos

Peringati Harlah Sidoarjo, Banom NU dan Organisasi Kepemudaan Gelar Baksos
Persiapan bakti sosial yang diawali Apel bersama organisasi kepemudaan Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/RS)
Persiapan bakti sosial yang diawali Apel bersama organisasi kepemudaan Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/RS)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Peringati Hari Lahir (Harlah) Kabupaten Sidoarjo, sejumlah Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU), organisasi kepemudaan, dan Pemerintah Kecamatan Waru menggelar bakti sosial. Kegiatan ini bertempat di Jalan Brigjen Katamso Kecamatan Waru, Sidoarjo, Jumat (05/02/2021).

 

Tercatat sepuluh organisasi kepemudaan dengan 112 hingga 125 orang hadir pada kegiatan ini. Sejumlah organisasi tersebut diantaranya Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Barisan Serbaguna (Banser), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Bonek, Pemuda Pancasila (PP), Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU), dan Karang Taruna (Kartar).

 

Kegiatan yang mengusung slogan 'Bakti Kita' ini dilaksanakan mulai jam 07.00 WIB hingga 09.45 WIB yang awali apel bersama oleh seluruh partisipan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Rudi Setiawan, Camat Waru mengapresiasi keikutsertaan peserta dari beberapa organisasi ini.

 

"Alhamdulillah hal ini mendapatkan respon positif dari seluruh organisasi, karena pada dasarnya mereka memiliki jiwa sosial dan antusias yang tinggi," katanya.

 

Ia juga menjelaskan bahwa, kegiatan bakti sosial ini menyasar beberapa wilayah.

 

"Untuk titik bakti sosial mulai ruko trans, jalur kereta api masuk ke Jl. Brigjen katamso ke timur hingga selokan kecil yang ada di pinggiran jalan raya," jelasnya.

 

Kendati telah dilaksanakan bakti sosial, pria yang juga Ketua Bidang kerja sama dari Komite Nasional Pemuda Indonesi (KNPI) Kabupaten Sidoarjo mengatakan jika, dirinya akan tetap melaksanakan kegiatan secara makro yang tidak terencana jika ada sesuatu yang penting.

 

"Secara makro, kami akan tetap melaksanakan kegiatan yang bersifat terencana ataupun tidak, seperti halnya perbaikan jalan yang berlubang, kebakaran, banjir, dan lainnya yang bersifat tidak terencana," paparnya saat diwawancarai NU Online Jatim.

 

Dengan Harlah Kabupaten Sidoarjo ke-162 Rudi berharap, Sidoarjo ke depan dapat fokus dengan penataan lingkungan.

 

"Hal ini tidak lepas pada sinergitas pemerintahan kecamatan dengan pemerintah desa dalam mempersiapkan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), mengedukasi warga, dan membentuk Bank Sampah sehingga perputaran ekonomi bisa berjalan dengan baik," ungkapnya.

 

Selain itu, Iwan Wahyu Susanto, Sekretaris Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) juga menyampaikan terkait persiapan bakti sosial.

 

"Untuk persiapan pelaksanaan kegiatan, kita juga menggelar rapat pada Kamis (04/02/2021) di pendopo Kecamatan Waru," ujarnya.

 

Menurutnya, kegiatan bakti sosial ini sangat penting untuk menjalin komunikasi antar organisasi.

 

"Kegiatan yang diinisiasi oleh pihak Kecamatan Waru sangat penting untuk menjalin sinergi antar organisasi kepemudaan," paparnya.

 

Lebih jauh ia menjelaskan, kegiatan ini sebelumnya sudah di lakukan oleh GP Ansor dan Banser Kecamatan Waru melalui upaya pembersihan sampah Sungai Buntung dan Sungai Kedung di sekitar wilayah.

 

"Kami juga sudah melaksanakan kegiatan yang sama dengan GP Ansor dan Banser Kecamatan Waru dengan membersihkan sampah di Sungai Buntung dan Sungai Kedung," pungkasnya.

 

 

Penulis: Rachmad Salam

Editor: Risma Savhira

 


Metropolis Terbaru