• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Metropolis

Pesan Ketua IPNU-IPPNU Jatim di Momen Harlah

Pesan Ketua IPNU-IPPNU Jatim di Momen Harlah
Sambutan Ketua PW IPNU Jatim dalam acara megengan akbar untuk memperingati Harlah IPNU ke-70 dan IPPNU ke-69 di Aula Kantor PWNU Jatim. (Foto: NOJ/Pransiska Anggraeni)
Sambutan Ketua PW IPNU Jatim dalam acara megengan akbar untuk memperingati Harlah IPNU ke-70 dan IPPNU ke-69 di Aula Kantor PWNU Jatim. (Foto: NOJ/Pransiska Anggraeni)

Surabaya, NU Online Jatim

Dalam memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-70 Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Harlah ke-69 Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Pimpinan Wilayah (PW) IPNU-IPPNU Jawa Timur menggelar acara Megengan Akbar yang dipusatkan di Aula Kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, Jalan Masjid Al Akbar, Surabaya, Jum’at, (01/03/2024).


Ketua PW IPNU Jatim, M Fachrul Irfan Syah mengatakan, hari ini kewajiban pelajar NU dalam mengkampanyekan gerakan-gerakan strategis dan gerakan pelajar secara kolektif dalam upaya membendung isu isu narasi negatif yang dapat merusak reputasi pelajar.


"Belakangan ini kita digemparkan oleh isu negatif dari kalangan pelajar, maka dari itu mari membangun narasi positif hingga ke tingkatan pimpinan ranting," katanya.


Pria yang akrab disapa Irfan tersebut menjelaskan, peringatan Harlah IPNU-IPPNU pada tahun ini sangat istimewa dan langka. Pasalnya bertepatan di bulan nisfu Sya'ban.


“Megengan sudah tidak asing di kalangan masyarakat jawa, tradisi yang identik ala kadarnya ini dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan momentum khusus,” terangnya.


Ia menyebut, dalam berkhidmat utamanya berjuang untuk kemaslahatan NU jangan berharap akan mendapatkan apa, akan tetapi upaya besar apa yang akan diberikan. Berkhidmat di IPNU-IPPNU merupakan bagian dari meneruskan estafet perjuangan dari para pendiri NU terdahulu.


"Alhamdulillah, harlah yang bertepatan dengan bulan nisfu Sya'ban ini, semoga kita semua senantiasa dilimpahkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT,” ungkapnya.


Sementara Ketua PW IPPNU Jatim, Aisyah Nur Afifah Maulidiyyah mengungkapkan, refleksi Harlah ini sebagai momentum tasyakuran dan momentum evaluasi diri, baik problematika di internal maupun eksternal.


"Ketika IPNU-IPPNU terjun di lingkungan masyarakat, maka hal yang harus diperhatikan adalah merepresentasikan dan mengisi puzzle-puzzle sosial untuk menunjang kebutuhan masyarakat," jelasnya.


Dirinya berharap, ke depan IPNU-IPPNU menjadi barometer kemajuan bangsa dan garda terdepan sebagai teladan bagi masyarakat," pungkasnya.


Metropolis Terbaru