• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Matraman

Kado Harlah IPNU-IPPNU, Pelajar Trenggalek Persembahkan EDO

Kado Harlah IPNU-IPPNU, Pelajar Trenggalek Persembahkan EDO
Peluncuran aplikasi EDO oleh IPNU-IPPNU Kabupaten Trenggalek. (Foto: NOJ/Uliyatun Ni'mah)
Peluncuran aplikasi EDO oleh IPNU-IPPNU Kabupaten Trenggalek. (Foto: NOJ/Uliyatun Ni'mah)

Trenggalek, NU Online Jatim

Layanan integrasi pendataan dan pengelolaan administrasi organisasi berbasis digital EDO App dirilis oleh Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Trenggalek di Gedung Smart Center kabupaten setempat, Ahad (27/02/2022). Aplikasi itu sebagai kado Harlah IPNU-IPPNU.


"Alhamdulillah, setelah dipersiapkan sejak Mei 2021 lalu akhirnya EDO dilaunching hari ini sebagai kado untuk Harlah IPNU 68-IPPNU 67," ungkap Muhammad Jalaludin Fajar Permadi, Ketua PC IPNU Trenggalek kepada NU Online Jatim, Selasa (29/02/2022). ​​​​​


Jalal mengungkapkan, pengembangan EDO App sendiri dilatarbelakangi oleh kondisi saat ini yang mengharuskan pelajar menghasilkan transformasi digital. "Memang saat ini kami di IPNU-IPPNU harus mampu beradaptasi melakukan berbagai hal berdampingan dan memanfaatkan teknologi digital. EDO App ini tercipta karena tantangan pendataan secara manual by paper saat ini sudah kurang efektif dilaksanakan." Katanya.


EDO akronim dari Ekosistem Digital Organisasi. Ia adalah sebuah aplikasi android yang menyediakan layanan pendataan, administrasi, dan Twibbon generator untuk seluruh tingkatan organisasi IPNU-IPPNU di Kabupaten Trenggalek.


"Nama EDO dipilih karena merepresentasikan kata 'edu' atau 'education' yang memiliki arti 'pendidikan'. Menurut kami itu sangat dekat dengan pelajar," terang Jalal​​​​​​​.


Lebih lanjut Jalal menerangkan bahwa EDO App memiliki layanan yang dapat diakses untuk mempermudah kegiatan organisasi. "Ada tiga layanan utama yang tersedia saat ini, yakni EDO Base untuk pendataan anggota dan potensi kader, EDO Mail untuk layanan administrasi, EDO Twibbon," paparnya.​​​​​​​


EDO App merupakan karya dari Tim IT PC IPNU-IPPNU Trenggalek dan sudah dikembangkan sejak Mei 2021. "Ada 12 orang yang terlibat dalam pengembangan project ini. Salah satu developer utama adalah Dwi Aji Pangestu yang merupakan graduates program beasiswa Digital Bootcamp yang diselesaikan Pimpinan Pusat IPNU & Dignitas Academy," ujar Jalal.


​​​​​​​"Kami sangat berharap EDO App ini akan semakin memudahkan rekan rekanita di semua tingkatan untuk melaksanakan tertib administrasi dan menyukseskan pendataan database." terang mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung tersebut.


Matraman Terbaru