• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 8 Desember 2022

Metropolis

Ramadhan, Jurnalis KOMPAK Renovasi Mushala dan Santuni Dhuafa

Ramadhan, Jurnalis KOMPAK Renovasi Mushala dan Santuni Dhuafa
Ketua KOMPAK Budi Mulyono saat memberikan santunan kepada kaum dhuafa di Kota Mojokerto. (Foto: NOJ/Nur Faishal)
Ketua KOMPAK Budi Mulyono saat memberikan santunan kepada kaum dhuafa di Kota Mojokerto. (Foto: NOJ/Nur Faishal)

Mojokerto, NU Online Jatim

Jurnalis tak melulu hanya bisa menulis satu peristiwa, kegiatan dan mendorong masyarakat untuk melakukan hal positif. Tapi juga menghimpun gerakan bersama untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh puluhan jurnalis yang tergabung dalam Komunitas Media Pengadilan dan Kejaksaan (KOMPAK) di Kota Mojokerto akhir pekan kemarin.


Bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri Kota Mojokerto, KOMPAK melakukan bersih-bersih dan merenovasi Mushala Al-Hikmah di Kuwung, Kecamatan Kranggan. Setelah itu, dilanjutkan dengan santunan kepada yatim-piatu, janda, dan para lansia di panti jompo di daerah setempat. Selain dari para jurnalis KOMPAK, hadir pula pada kesempatan itu Kasi Intel Kejari Kota Mojokerto, Ali Prakosa.


Acara bakti sosial tersebut merupakan kegiatan rutin KOMPAK setiap tahun, biasanya menjelang Ramadhan. Kegiatan sosial juga akan dilanjutkan pada saat bulan Ramadhan. Anggaran yang dikeluarkan untuk kegiatan sosial itu diambil dari sedekah rutin anggota jurnalis KOMPAK setiap hari Jumat, juga dari donatur yang menyumbang.


Budi Mulyono, Ketua KOMPAK, mengatakan, kegiatan rutin ini sudah berlangsung selama tiga tahun. Terselenggaranya baksos setiap tahunnya ini merupahkan buah keikhlasan dari rekan-rekan wartawan KOMPAK. Dengan menyisihkan penghasilannya setiap jumat, terwujudlah kegiatan baksos dari program Jumat Barokah yang diinsiasi KOMPAK.


"Memasuki bulan Ramadan, kegiatan bakti sosial ini memotivasi rekan-rekan KOMPAK untuk menanamkan nilai-nilai positif. Dana yang terkumpul ini murni dari dana pribadi teman-teman KOMPAK," kata Budi pada Senin (04/04/2022).


Nilai positif ini, sambung Budi, membuktikan bahwa rekan-rekan wartawan KOMPAK bisa beribadah dengan menyisihkan penghasilan pribadinya. Bahkan dana dari kegiatan Jumat Berkah KOMPAK sebelumnya sudah disalurkan ke sejumlah wilayah di Jawa Timur, yaitu di Blitar dan Lamongan.


Sementara itu, Ali Prakosa, Kasi Intel Kejari Kota Mojokerto, mengatakan, kegiatan yang bersinergi dengan awak media KOMPAK itu dilakukan agar umat bisa beribadah dengan khusuk dalam menjalankan ibadah selama Ramadhan.


Metropolis Terbaru