• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Metropolis

Rayakan HUT Ke-77 RI, Ansor di Sidoarjo Bershalawat dengan Habaib

Rayakan HUT Ke-77 RI, Ansor di Sidoarjo Bershalawat dengan Habaib
Suasan Ansor Balongnendo Sidoarjo Bershalawat. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Suasan Ansor Balongnendo Sidoarjo Bershalawat. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo menggelar acara ‘Ansor Bershalawat’ bersama habaib, Kamis (18/08/2022) malam. Kegiatan ini dalam rangka untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77. Acara tersebut berpusat di lapangan Waruberon kecamatan setempat.


Ketua PAC GP Ansor Balonbendo, Sugeng Harianto menuturkan, melalui shalawat dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan karakter kebangsaan untuk mencintai bangsa Indonesia.


"Dengan memperingati hari kemerdekaan ini dapat memupuk nasionalisme dan semangat cinta tanah air," katanya kepada NU Online Jatim usai acara.


Menurutnya, Kemerdekaan Indonesia tidak luput dari peran kiai dan santri. Pada masa perjuangan kemerdekaan, KH Hasyim Asy'ari turut berperan hingga muncul Resolusi Jihad dan menganjurkan kepada santri untuk cinta tanah air serta ikut berjuang melawan penjajah.


“Ansor harus menyiapkan kader yang handal di semua lini, yang memiliki kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW dan mencintai tanah air. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya ajaran khilafah yang merusak dan merongrong kedaulatan NKRI,” ucapnya.


Disebutkan, Ansor merupakan Badan Otonom (Banom) NU yang berada di garis depan dalam memperjuangkan dan mempertahankan keutuhan NKRI. Ia lantas mengucapkan terima kasih atas semua partisipasi panitia acara, pemerintah Desa Waruberon, jajaran MWCNU Balongbendo serta seluruh Banom NU di kecamatan setempat atas suksesnya gelaran Ansor Balongbendo Bersholawat.


Ahmad Dian Budianto salah seorang panitia mengatakan, kegiatan tersebut sebagai wujud syukur dan sekaligus untuk memeriahkan HUT ke-77 RI dalam rangkaian Gebyar  UMKM Agustusan Balongbendo.


Ia mengungkapkan, selaku kader NU dan warga negara Indonesia pihaknya memeriahkan dengan cara keagamaan yakni dengan bershalawat.


"Berbagai kegiatan dan lomba dilakukan oleh rakyat Indonesia. Kita sebagai kader NU dan warga negara Indonesia memeriahkannya dengan mengadakan shalawat sebagai wujud syukur bersama," katanya.


Hadir pada acara ini Habib Hasan Bin Ali Alaydrus, Habib Hadi Assegaf, Habib Shofi Bin Hasan Al Masyhur, Habib Ahmad Bin Hasan Al Masyhur, dan Habib Abdurrahman Bin Abdul Kadir Assegaf.

​​​​​​​
Selain itu ada Habib Ridho Bin Abdul Kadir Assegaf, Habib Syahrul Mubarok Bin Hasyim Al Kaff, Habib Haidar Ba'agil, Habib Alwi Bil Faqih, Habib Zaki Abdullah Al Musawa yang diiringi Hadrah Al Firdaus dari Sidoarjo.


Editor:

Metropolis Terbaru