• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Metropolis

Resmi Dilantik, Ini Program Pergunu Sidoarjo Lima Tahun ke Depan

Resmi Dilantik, Ini Program Pergunu Sidoarjo Lima Tahun ke Depan
Pelantikan PC Pergunu Sidoarjo. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)
Pelantikan PC Pergunu Sidoarjo. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Sidoarjo masa khidmat 2024-2029 resmi dilantik pada Selasa (27/02/2023) di Pendopo Delta Wibawa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Ahmad Anwar selaku ketua PC Pergunu Sidoarjo dalam sambutannya menyampaikan program yang akan ia jalankan.

 

“Menyusun organisasi ini dari semua jenjang pendidikan. Jadi kepengurusan PC Pergunu ada dari TK/RA, MI/SD, SMP/MTs, MA/SMA/SMK. Semua ada perwakilannya di kepengurusan Pergunu,” katanya.

 

Sebagai organisasi Badan Otonom (Banom) NU, Anwar menegaskan akan tegak lurus dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo. Sebagai organisasi profesi, Pergunu harus mampu bersinergi dengan pemerintah daerah. Disebutkan PC Pergunu Sidoarjo ke depan akan berupaya meningkatkan kompetisi guru.

 

“Pergunu ingin mengembangkan kompetensi guru, maka dalam waktu dekat Training of Trainer (ToT) di masing-masing kecamatan agar bisa mengambangkan kwalitas guru NU,” ujarnya.

 

Semua guru NU di masing-masing jenjang akan dibekali ilmu untuk terus upgrade kualitas diri hingga mampu memanfaat teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam proses pembelajaran. Anwar juga menyebutkan akan berupaya bagaimana caranya PC Pergunu Sidoarjo mempunyai kantor. Hal ini akan diperjuangkan selama empat tahun ke depan.

 

“PC Pergunu Sidoarjo akan bekerja sama denga lima universitas. Universitas Maarif Hasyim Latif (Umaha), Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida), Institut Agama Islam (IAI) Al-Khoziny, Universitas Sunan Giri (Unsuri) dan Universitas Terbuka (UT)” paparnya.

 

Saat ini yang sudah berjalan adalah kerja sama dengan IAI Al-Khoziny. Tahun lalu sebanyak 42 guru NU mendapat beasiswa 50 persen di Pascasarjana.

 

Sementara H Ahmad Muhdlor Ali, Bupati Sidoarjo dalam sambutanya berterimakasih kepada PC Pergunu Sidoarjo karena telah membantu mencerdaskan anak bangsa. 

 

“Kita punya target di tahun 2026 indeks pembangunan manusia mendapat poin 81,44 namun baru di tahun 2023 saja sudah mencapai poin 81,88. Sedangkan waktu masih sampai tahun 2026,” tandasnya.    


Metropolis Terbaru